PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MADU DENGANEKSTRAK BUAH BIT (BETA VULGARIS ) TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN (Hb) PADA MENCIT PUTIH JANTAN ( MUS MUSCULUS L ) STRAIN DOUBLE DITSCH WEBSTER

Nora Maulina

Abstract


Hemoglobin (Hb) merupakan sejenis protein khusus yang ada dalam eritrosit. Hemoglobin membutuhkan zat besi, vitamin C dan asam folat sebagai indikator dalam peningkatan kadar Hb. Untuk mengatasi kejadian anemia dengan menggunakan bahan alami seperti madu dan ekstrak buah bit dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektifitas madu dengan ekstrak buah bit (beta vulgaris) terhadap peningkatan Hb pada mencit putih. Metode ini bersifat true eksperimental dengan menggunakan mencit putih jantan (Mus Musculus L) yang diberikan madu 1,56 micro/grBB dan ekstrak buah bit 1,61 micro/grBB selama tujuh hari. Pengelolahan data dari selisih sebelum dan sesudah perlakuan pada penelitian ini menggunakan uji ANOVA didapatkan nilai p=0,048 (p<0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa madu dan ekstrak buah bit efektif dalam meningkatkan Hb pada mencit putih. Akan tetapi ekstrak buah bit lebih efektif dalam peningkatan kadar Hb dibandingkan dengan madu.


Full Text:

PDF

References


Hana dkk. 2012. Khasiat Buah bit. Diunduh dari http://www.jurnalpdf.com tanggal 14 mei 2017 pukul 22:02 WIB.

Bakta, IM. Anemia Hipokromik mikrositer dengan gangguan metabolism besi. Dalam: Khastrifah, Purba DL, Editor.Hematologi Klinik Dasar. Jakarta: EGC; 2007.HLM. 1109-15.

Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Sunarjono,Hendro. 2008. Bertanam 30 Jenis Sayuran. Jakarta : Penerbit Penebar

Swadaya.

Wirakususmah, E. S,. 2007. Mencegah Osteoporosis Lengkap Dengan 30 Jus dan 38 Resep Makanan. Penebar Plus. Jakarta.

Evelyn, C., 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Terjemahan dari Anatomy and Physiology for Nurse.(Penerjemahan Sri Yuliani Handoyo), Jakarta :Gramedia.

Guyton, A. C., & Hall, J. E. (2008). Buku ajar-Fisiologi kedokteran (Eds. 11) (Irawati, Dian Ramadhani, Fara Indriyani, Frans Dany, Imam Nuryanto, Srie Sisca Prima Rianti, Titiek Resmisari & Y. Joko Suyono, Penerjemah). Jakarta: EGC




DOI: https://doi.org/10.30596/anatomica

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/amj.v1i3.2310.g2246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.