Efektifitas Penyuluhan Metode Lomba Cerdas Cermat dengan Modifikasi Puzzle Dibandingkan dengan Metode Ceramah dalam Peningkatan Pengetahuan Tentang DBD pada Siswa SD Kelas V SDN 060885 dan SDN 060895 Padang Bulan Kota Medan

Novita Hasiani Simanjuntak

Abstract


Abstrak: Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue, ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina, dapat dicegah dengan cara mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti yang menjadi vektor virus ini. Larva dari nyamuk Aedes aegypti berkembang sangat pesat di daerah perkotaan. Sekolah adalah salah satu sasaran program pencegahan DBD karena aktivitas anak usia sekolah saat kegiatan sekolah bersamaan dengan aktivitas nyamuk menghisap darah. Selain itu, upaya mengentaskan masalah DBD adalah dengan menjadikan anak sekolah sebagai agent of change. Penelitian berupa quasy experimental. Populasi adalah seluruh siswa kelas V di SDN 060885 dan SDN 060895 Padang Bulan Kota Medan. Sampel adalah bagian dari populasi yang hadir pada saat pengukuran dan intervensi dilakukan, melibatkan sebanyak 43 subjek. Pembagian subjek pada 2 subkelompok dalam kelompok perlakuan dilakukan secara acak. Penelitian ini menggunakan metode ceramah, dan metode Lomba Cerdas Cermat dengan modifikasi puzzle sebagai intervensi, untuk mengukur peningkatan pengetahuan digunakan kuesioner. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, didapati pada kelompok kontrol nilai p = 0,113 (p> 0,005), artinya tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan yang bermakna sebelum dan sesudah penyuluhan, terdapat 8 subjek dengan tingkat pengetahuan yang menurun, 13 subjek meningkat dan 1 tetap. Pada kelompok perlakuan nilai p = 0,000 (p<0,005), artinya terdapat perbedaan tingkat pengetahuan yang bermakna sebelum dan sesudah intervensi, terdapat 1 subjek tingkat pengetahuan menurun, 17 meningkat, dan 3 tetap. Kesimpulan hasil penelitian adalah penyuluhan dengan metode LCC dengan modifikasi puzzle lebih bermakna dalam meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang DBD dibandingkan dengan metode penyuluhan dengan ceramah.

Kata Kunci: DBD, pengetahuan, metode penyuluhan, metode ceramah, lomba cerdas cermat, Puzzle.



Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

WHO. WHO Fact Sheet [Internet]. World Health Organisation. 2015. hal 5–8.

Kliegman RM, Stanton BMD, Geme J St., Schor NF. Nelson Textbook of Pediatrics. In: Nelson Textbook of Pediatrics. 2015. hal. 3408.

Kementrian Kesehatan. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014. hal 507.

World Health Organization (WHO). Better Environmental Management For Control of Dengue.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Wilayah KLB DBD Ada di 11 Provinsi.

Yudianto A. Pengaruh Stimulasi Permainan Ular Tangga Terhadap Perubahan Sikap Siswa Tentang Demam Berdarah Dengue. 2016:6.

Ana Kurniati. RPI. Efektivitas Metode Expert Group dan Model Lomba Cerdas Cermat (Lcc) Bagi Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI Man Kendal. 2015;4(9):49–55.

Nuryunarsih Desy. Sociodemographic Factors to Dengue Hemmorrhagic Fever Case in Indonesia. J Kesehat Masy Nas. 2015;10:10–6.

Kusumawardani E. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Ibu Dalam Pencegahan Demam Berdarah. 2012;1–95.

Kasper D, Fauci A, Hauser S, Longo D, Jameson J, Loscalzo J. Harrison’s Principles of Internal Medicine. Mc GrawHill. 2015. hal 2958.

World Health Organization. Dengue: guidelines for diagnosis, treatment, prevention, and control. Spec Program Res Train Trop Dis. 2009. hal, 147.

Ng DHL, Wong JGX, Thein TL, Leo YS, Lye DC. The significance of prolonged and saddleback fever in hospitalised adult dengue. PLoS One. 2016;11(12).

World Health Organization (WHO). Handbook for clinical management of dengue [Internet]. Geneva: WHO. 2012. hal 114.

Shoffa S. Penerapan Media Puzzle Cerdas Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Taman Kanak-Kanak Dalam Berhitung. J Pendidik Anak Usia Dini Vol 1. 2015.

Ardiwirastuti I. Perbedaan Metode Penyuluhan Permainan Outbound, Monopoli Dan Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Kelas IV, V, Dan VI SDN Sumbersari 03 Jember. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat:

Gedung Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran (FK) UMSU

Jalan Gedung Arca No. 53 Medan-Sumatera Utara , Kode Pos 20217

Kontak: 0813-7515-0018, E-mail: amj_fk@umsu.ac.id.

 

E-ISSN: 2614-5219