Hubungan Panjang Lengan Atas dengan Tinggi Badan pada Suku India

muhammad verza praditya, Abdul Gafar Parinduri

Abstract


Mengidentifikasi rangka yang tak dikenal adalah pemeriksaan yang sangat penting untuk mengetahui identitas seseorang. Penentuan tinggi badan menjadi penting untuk proses identifikasi dalam bidang forensik. Formula dari persamaan regresi menggunakan panjang lengan atas, jenis kelamin, dan usia mempunyai perkiraan yang valid dari tinggi badan yang berguna dalam konteks klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang lengan atas dengan tinggi badan pada populasi suku India. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional design. Subjek pada penelitian ini sebanyak 70 orang suku India di daerah Medan Sunggal yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Panjang lengan atas memiliki nilai korelasi yang berkisar antara 0,893 sampai 0,982 (p<0,001). Nilai pada Standard Error of the Estimate (SEE) yang telah didapatkan berkisar antara 0,904 hingga 3,932 (p<0,001). Pada penelitian ini terdapat hubungan yang bermakna antara panjang lengan atas terhadap tinggi badan dengan nilai korelasi yang sangat kuat sehingga tinggi badan dapat diperkirakan dengan mengukur panjang lengan atas melalui persamaan regresi linier.

Kata Kunci: antropometri, panjang lengan atas, persamaan regresi, tinggi badan.


Full Text:

PDF

References


Tanudjaja GN, Kaseke MM. Hubungan tinggi badan dan panjang ulna pada etnis sangihe.dewasa di madidir.ure 1 2. 2013.

Soedjatmiko HM. Ilmu Kedokteran Forensik. kedua. medan. 2001.

Hidayat T, Susanti R. Analisis Antropologi Forensik Pada Kasus Penemuan. 2017.

Sugianto, Ong Sylvia Christiana and Setiawati EM M. perbandingan antara tinggi badan dan rentang tangan pada anak balita. 2015.

Risk NCD, Collaboration F. A century of trends in adult human height. 2016.

Prateek G, Shalini G, Anupama M, Chakravarthi KK. Estimation of Height Using Length of Humerus in Adult North Indian Population-An Anthropometric Study Gautam Prateek Gupta Shalini Mittal Anupama Kosuri Kalyan Chakravarthi Medical Science. 2013.

Navid S, Mokhtari T, Alizamir T, ArabkheradmandA, Hassanzadeh G. Determination of Stature from Upper Arm Length in Medical Students. Anat Sci J. 2014.

Aflanie I, Amalia F, Mashuri. Korelasi panjang lengan atas dengan tinggi badan pada wanita suku banjar. Banjarmasin: Bagian Ilmu Kedokteran Forensik FK- Universitas Lambung Mangkurat. 2016. 11-18.

A EO. Stature Estimation From Upper Extremity Long Bones In A Southern Nigerian Population. 2013.

Rosmawaty. Penentuan tinggi badan berdasarkan panjang lengan atas. Medan: Bagian Ilmu Kedokteran Forensik FK-USU. 2013.

Tomuka J, Siwu J, Mallo JF, et al. Hubungan panjang telapak kaki dengan tinggi badan pada mahasiswa angkatan 2012 Universitas Sam Ratulangi, Manado. 2016.

Status E. Estimation of Stature from Upper Extremity Anthropometric Measurements. 2019.

Airan N, Dwivedi AK, Das AR, Mishra SK, Airan N. Estimation of stature from length of arm in adult population of Garhwal region of Uttarakhand , India * Correspondence Info. 2016.

Author C. A study of length of human extrimities and Ranjana Barjatiya Associate Professor Dept . of Anatomy ; J . L . N . Medical College ; Ajmer Praveen Chouhan *. 2018.

Wilujeng I.D. Korelasi antara panjang tulang radius dengan tinggi badan pada pria dewasa suku lampung dan suku Jawa di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 2016.

Nacional M. Reconstruction of humeral length from measurements of its proximal and distal fragments article. 2007.

Demirel P, Kiran S, Barut C. Morphological and Functional Aspects of Hand in Relation to Age , Gender and Sports Playing Condition. 2014.

Asmiliaty H. Model Prediksi Tinggi Badan Untuk Usia Dewasa Muda Dengan Menggunakan Prediktor Panjang Depa Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Tahun 2012.

Resident S, Specialist J. Estimation of stature from hand length. 2005.

Ilayperuma I, Nanayakkara G, Palahepitiya N. Prediction of personal stature based on the hand length. :15-18.




DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v3i3.4653

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/amj.v3i3.4653.g4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.