Pengaruh Modifikasi Latihan Peregangan terhadap Fleksibilitas Sendi Lutut dan Sendi Pergelangan Kaki pada Posisi Zenkutsu-dachi Karateka Kelompok Usia Dewasa dan Lanjut dengan Osteoartritis

Diana Agustini Purwaning Astuti, Deswaty Furqonita, Nora Sutarina

Abstract


Abstrak: Osteoartritis (OA) adalah penyakit degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan kartilago sendi yang paling sering mengenai sendi lutut dan pergelangan kaki. Semakin bertambah usia meningkat pula risiko terjadinya OA. Survei pra penelitian pada karateka sabuk hitam usia tua di DKI Jakarta menunjukkan karateka memiliki tanda dan gejala OA namun mengaku tidak ada keluhan dan gangguan fungsi dalam melakukan aktivitas sehari-hari walaupun berbagai gerakan karate telah puluhan tahun dijalani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi latihan peregangan terhadap fleksibilitas sendi lutut dan sendi pergelangan kaki karateka sabuk hitam usia dewasa dan usia tua penderita OA pada posisi zenkutsu-dachi saat melakukan rangkaian gerakan kata jion. Metode penelitian ini adalah eksperimental dengan desain penelitian pre-post test control group yang menganalisis rekaman di dua bidang sagital menggunakan software Kinovea sebelum dan setelah modifikasi latihan peregangan rutin berkelompok dengan frekuensi 3 hari dalam seminggu selama 8 minggu terhadap 20 orang karateka sebagai subyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada sudut sendi lutut sebelum dan sesudah modifikasi latihan peregangan pada karateka dengan OA pada kelompok usia dewasa (p = 0.025), namun tidak berbeda pada sudut sendi pergelangan kakinya. Sedangkan kedua sudut sendi tungkai kiri pada kelompok usia lanjut tidak ditemukan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah latihan.

Kata kunci: Fleksibilitas, sudut sendi lutut, osteoartritis


Keywords


Fleksibilitas, sudut sendi lutut, osteoarthritis

Full Text:

PDF

References


Pusdatin Kemenkes Republik Indonesia. Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan Semester I .Jakarta. 2013.

Soeroso J, Harry I, Handono K, Rawan B, Riardi P. Ed : Aru W. Sudoyo, dkk. Osteoartritis. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III Edisi V. Jakarta : Pusat Penerbit Departemen IPD FKUI ; 2009: 2538 2539.

Kadir A. Materi Keterampilan Dasar Karate, Jakarta. 2011.

De Brito AMV, Rodrigues MAF et all. Aging Effects on Neuromuscular Activity in Karate Practitioner. Journal of Sport Sciences.2015;3:203-213.

Hafez, A. R. Knee Osteoarthritis : A Review Literature. Phys Med Rehabil Int 2014;1 Issue 5.

Arus, E. Application in the Martial Arts. Biomechanics of Human Motion.CRC Press; 2012.

Power, G.A et al. Human neuromuscular structure and function in old age : A brief Review. Journal of Sport and Health Science. 2013; 2: 215 226.

Locks, R. R. et al. Effects of strength and flexibility training on functional performance of healthy older people. Revista Brasileira de Fisioterapia. 2012; 3: 184 190




DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v4i1.5120

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/amj.v4i1.5120.g5381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.