Efektifitas Peer Feedback Pada Pembelajaran Tutorial Problem Based Learning (PBL)

Desi Isnayanti

Abstract


Masih banyak mahasiswa yang belum berperan aktif dalam diskusi tutorial. Hal ini mungkin dikarenakan feedback yang diberikan tutor belum efektif dan metode atau strategi pembelajaran mahasiswa yang kurang efektif. Peer Feedback dapat mendorong dan memotivasi mahasiswa pada pembelajaran tutorial PBL dengan mengetahui kemampuan atau usaha mereka pada proses tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peer feedback pada pembelajaran tutorial melalui pengukuran motivasi dan skor Maastricht-Peer Activity rating Scale (MPARS). Penelitian merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan metode one group pretest-posttest design. Intervensi peer feedback diberikan dengan menggunakan MPARS sebanyak 4 kali pada pembelajaran tutorial PBL. Populasi terdiri dari 98 mahasiswa tahun ketiga FK UMSU. Metode penarikan sampel dengan systematic random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner motivasi (SMQ II) yang diberikan pada pre dan post intervensi. Uji analisis yang digunakan adalah uji t dan uji Friedman. Hasil analisis uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang bermakna motivasi pretest dan postest mahasiswa dengan nilai p= 0,000. Hasil analisis Friedman didapatkan perbedaan yang bermakna skor MPARS antara intervensi 1, 2, 3, dan 4 dengan nilai p= 0,001. Hasil pemberian feedback dengan M-PARS efektif dalam meningkatkan motivasi belajar di tutorial, hal ini karena adanya peningkatan motivasi belajar pada mahasiswa dan adanya peningkatan rerata M-PARS pada setiap intervensi.

Kata kunci: peer feedback, M-PARS, motivasi belajar.



Keywords


peer feedback, M-PARS, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Darungan TS, Rahayu GR, Claramita M. Evaluasi proses pemberian feedback di tutorial problem-based learning di fakultas kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2016;5(2):88-100.

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Standar Kompetensi Dokter Indonesia, Cetakan Pertama, edisi kedua, penerbit Konsil Kedokteran Indonesia, Jakarta. 2012.

Zahid MA, Varghese R, Mohammed AM, Ayed AK. Comparison of the problem based learning-driven with the traditional didactic-lecture-based curricula. International Journal of Medical Education. 2016;7:181-7

Tarhan L, Sesen A. Problem based learning in acids and bases: learning achievements and students' beliefs. Journal Of Baltic Science Education., 2013 December 2;12(5):565-78.

Samuel A, Fransisca IR, Fidelis EW. Penggunaan umpan balik rekan sebaya terhadap evaluasi diri dan efikasi diri dalam keterampilan provitae jurnal psikologi pendidikan 2012;5(1):54-72.

Kamp RJ, van Berkel HJ, Popeijus HE, Leppink J, Schmidt HG, Dolmans DH. Midterm peer feedback in problem-based learning groups: the effect on individual contributions and achievement. Health Sci Educ. 2014;19(1):5369.

Soekidjo N. Metodelogi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Dominick, P. G., Reilly, R. R., & McGourty, J. W. The effects of peer feedback on team member behavior. Group & Organization Management, (1997);22(4):50820.

Thorkildse TA, Nicholls JG, Bates A, Brankins N, Debolt T, Motivation and the strugle to learn: responding to fractured experiences. Boston, Massachusets: Allyn and Bacon. 2002.

Kamp, R. J. A., Dolmans, D. H. J. M., Van Berkel, H. J. M., & Schmidt, H. G. Can students adequately evaluate the activities of their peers in PBL?. Medical Teacher. 2011;33(2):14550.




DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v4i2.6922

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/amj.v4i2.6922.g5975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.