Muhammad Asad dan Epistemologi Tafsirnya

Ahmad Nabil Amir

Abstract


Kajian ini membincangkan pengaruh paham kontekstual dan sosio-historis dalam penafsiran teks al-Quran oleh Muhammad Asad. Ia menunjukkan penafsirannya menekankan landas rasional dan saintifik dalam interpretasi teks yang dibawakan dalam tafsirnya The Message of the Quran. Kepentingan latar sejarah dan sosio-budaya ini digariskan dalam tafsir dan nota penjelasannya yang ekstensif.Metode kajian bersifat deskriptif dan analitis dari jenis kajian kualitatif berasaskan analisis kandungan. Sumber penelitian diperoleh dari bahan rujukan bersifat primer dan sekunder dan sumber dokumentasi lain yang terkait. Dari penelaahan ringkas terhadap karya tafsirnya ia mendapati manhajnya terkesan oleh aliran tafsir yang berhaluankan mazhab al-Manaryang bercorak etika-sosial (sastera-kemasyarakatan) yang menekankan pemahaman kontekstual dan sosio-historis dan dasar etika-hukum sebagai premis dan metodologi asasnya dalam penafsiran, yang memberi pengaruh yang signifikan dalam pertumbuhan aliran saintifik dan rasional dalam pemikiran tafsir mutakhir.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Asad, M. (1954). The Road to Mecca. London: The Book Foundation.

Asad, M. (1980). The Message of the Quran. Gibraltar: Dar al-Andalus.

Asad, M. (1985). Jalan ke Makkah. Fuad Hashem (tr.). Bandung: Mizan.

Asad, M. (2009). Islam at the Crossroads. Petaling Jaya: IBT.

Asad, M. (2021). Risalah al-Quran. Kuala Lumpur & Jakarta: Islamic Renaissance Front & Maarif Institute.

Abduh, M. (1965). Risalah Tauhid. K.H. Firdaus A.N (tr.). Jakarta: Bulan Bintang.

Asror, Z. (2019). Ayat-Ayat Politik: Studi Penafsiran Muhammad Asad (1900-1990). Ciputat, Tangerang Selatan: Yayasan Pengkajian Hadits el-Bukhori.

Chaghati, M. I. (2006). Muhammad Asad: Europes Gift to Islam. Truth Society & Sang-e-Meel Publ.

Chande, A. (2004). Symbolism and allegory in the Quran: Muhammad Asads modernist translation. Islam and Christian-Muslim Relations, 15 (1), 79-89.

Kurdi, A. J. (2021, 12 February). Mengulas The Message of the Quran, Sebuah Karya Terjemah Sekaligus Tafsir. Diakses pada 12 Feb 2021 https://tafsiralquran.id/mengulas-the-message-of-the-quran-sebuah-karya-terjemah-dan-tafsir/

Safitri, L. Chirzin, M. (2019). The Message of the Quran karya Muhammad Asad: kajian metodologi terjemah dan tafsir. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir 4 (2): 177-192.

Rifai, M. (2018). Metode Interpretasi Hukum Muhammad Asad. Yogyakarta: Deepublish.

Sahinovic, R. (2017). Muhammad Asad: Tumac Kurana za Zapad. Sarajevo: Center for Advanced Studies.




DOI: https://doi.org/10.30596/arrasyid.v2i1.8951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.