ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA PROKEM DALAM KOMIK PANTUN KEMELAYUAN KARYA SHANIA NUR ARVISYAH DAN SRI LISTIANA IZAR

Shania Nur Arvisyah, Mhd. Isman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bahasa prokem berupa kata dan fungsinya dalam Komik Pantun Kemelayuan karya Shania Nur Arvisyah dan Sri Listiana Izar. Sumber data dalam penelitian ini adalah Komik Pantun Kemelayuan karya Shania Nur Arvisyah dan Sri Listiana Izar berjumlah 50 halaman yang diterbitkan oleh Obelia Publisher di Medan, cetakan pertama Februari 2021. Data dalam penelitian ini, yaitu isi Komik Pantun Kemelayuan karya Shania Nur Arvisyah dan Sri Listiana Izar yang tuturannya terdapat bentuk bahasa prokem berupa kata dan fungsinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan dan menganalisis data, sedangkan analisis data bersifat kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah membaca Komik Pantun Kemelayuan karya Shania Nur Arvisyah dan Sri Listiana Izar, mengumpulkan data, mendeskripsikan hasil temuan, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah adanya penggunaan bahasa prokem dalam Komik Pantun Kemelayuan karya Shania Nur Arvisyah dan Sri Listiana Izar berupa banget, kuy, sabeb, lebay, ucul, cans, gabut, boong, gapapa, mantul, dan santuy. Bahasa prokem tersebut berjumlah 11 kata yang muncul dalam 31 tuturan. Fungsi kata bahasa prokem yang digunakan, yakni untuk mengungkapkan perasaan, mengakrabkan, meyakinkan, bertanya, menyindir, menghaluskan perkataan, memaksa, dan mengejek.

Keywords


Bentuk bahasa prokem, fungsi kata bahasa prokem, Komik Pantun Kemelayuan karya Shania Nur Arvisyah dan Sri Listiana Izar

References


Bonneff, Marcel. 1998. Komik Indonesia. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Diyanti, Viki. 2020. Penggunaan Bahasa Gaul dalam Webtoon Just Friend karya CL Nov. -: 323-333.

Hasanuddin. 2019. Drama: Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

http://idntimes.com/science/discovery/abraham-herdyanto/sejarah-komik/8

(Diakses pada 16 Februari 2021)

http://goodnewsfromindonesia.id/2018/08/01/karya-sastra-indonesia-di-era-komik (Diakses pada 16 Februari 2021)

https://ruangguru.co/pengertian-bahasa/ (Diakses pada 8 Maret 2021)

Istiqomah, Dina Syifa, dkk. 2018. Analisis Penggunaan Bahasa Prokem dalam Media Sosial. 1 (5): 665-674.

Kamisa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency.

Umry, Shafwan Hadi dan Winarti. 2018. Telaah Puisi. Medan: Format Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: