ANALISIS SEMIOTIK STIKER DALAM APLIKASI LINE

Putri Adelia, Amnur Rifai Dewirsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam dari semiotik faunal (zoosemiotik) dan struktural pada setiap stiker. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif. Metode kualitatif interpretatif (interpretation), yaitu sebuah metode yang memfokuskan dirinya pada tanda dan teks sebagai objek kajiannya, serta bagaimana peneliti menafsirkan dan memahami kode (decoding) dibalik tanda dan teks tersebut. Metode yang dipakai oleh peneliti dalam menganalisis Semiotik dalam stiker Aplikasi Line ini adalah metode interpretatif dan data yang dianalisis berupa data kualitatif. Setelah memiliki metode tentu dari sebuah penelitian ialah hasil penelitian, hasil penelitian dari penelitian ini yaitu makna semiotik yang paling sering digunakan sampai makna semiotik yang jarang digunakan oleh stiker aplikasi Line. Adapun yang sering digunakan dalam stiker tersebut adalah semiotik faunal (zoosemiotic) dan semiotik struktural.


Keywords


Semiotik faunal (zoosemiotic), semiotik struktural

Full Text:

PDF

References


Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kurniawan. (2001). Semioloogi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera.

Hogenboom. Alexander, Bal. Malissa, Bal. Daniella, dan De Jong. Franciska. (2013). Exploiting Emoticons In Sentiment Analysis, SAC 13 March 18-22. Coimbra: Portugal.

Saputro, M. N. (2018). Pemaknaan Sticker Line Messenger. Ilmu Komunikasi , 1-19.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis pendekatan kualitatif dan kuantitatif, Nengah. 2014.

Sosioliguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: