ANALISIS KEDWIBAHASAAN PADA PERCAKAPAN BAHASA MANDAILING-INDONESIA MELALUI GAWAI

Rina Harahap, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kedwibahasaan bahasa Mandailing dan bahasa Indonesia melalui gawai berupa kedwibahasaan koordinatif, kedwibahasaan majemuk, dan kedwibahasaan subordinatif dari gawai. Sumber data dalam penelitian ini adalah aplikasi WhatsApp. Data dalam penelitian ini adalah percakapan bahasa Mandailing-Indonesia pada aplikasi WhatsApp. Metode penelitan yang digunakan adalah metode deskriptif yakni untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kedwibahasaan koordinatif, kedwibahasaan majemuk, dan kedwibahasaan subordinatif pada percakapan bahasa Mandailing dan bahasa Indonesia melalui WhatsApp, sedangkan analisis data bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik catat. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah pedoman dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat jenis kedwibahasaan koordinatif sebanyak 6 data yang ditandai dengan kemampuan bahasa Mandailing dan bahasa Indonesia yang dikuasai sama baiknya, kedwibahasaan majemuk sebanyak 6 data yang ditandai dengan kemampuan penguasaan salah satu bahasa baik bahasa Mandailing atau bahasa Indonesia yang lebih baik, dan kediwbahasaan subordinatif sebanyak 3 data yang ditandai dengan pencampuran salah satu bahasa ke dalam percakapan. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah terdapat kedwibahasaan pada percakapan bahasa Mandailing dan bahasa Indonesia melalui gawai.

Keywords


Kedwibahasaan, bahasa Mandailing, bahasa Indonesia, Gawai

Full Text:

PDF

References


Amri, Yusni Khairul. 2019. Alih Kode Dan Campur Kode Pada Media Sosial Prosiding Seminar Nasional PBSI II tahun 2019

Amri, Yusni Khairul & Marisha Putri Dian. (2019). Sosiolinguistik Analisis Interferensi Budaya pada Media Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelima belas. Jakarta: Rineka cipta.

Astuti, R. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 SD Inpres Maki Kecamatan Lemba-Leda Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 71-79.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: