PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP TAHFIZH QURAN AMANAH 1 HELVETIA

Mhd. Ichsan Ardhian, Achmad Yuhdi

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Tahfizh Quran Amanah 1 Helvetia. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes yang terbagi menjadi dua yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan menggunakan teknik statistik deskriptif yaitu sebuah teknik guna menggambarkan perolehan hasil belajar siswa mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah berdasarkan perolehan hasil dari pretest dan posttest.

Keywords


pengaruh, media video, teks prosedur

Full Text:

PDF

References


Andriani, N., & Nirmawan, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 180-187.

Arinda, D. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III MIN 3 Pidie Jaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.

Arviyana, M., Syahrul, & Tressyalina. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 183-191.

Budijah. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Model Project Based Learning. Dinamika, 11(1), 1-8.

Bura, N. M., Yani, A., & Lautama, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Media Ajar Kotak Pos Cerdas. Jurnal CARWAJI, 5(1), 42-53.

Fitriani, N., & Susanti, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Editor Video VN Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA PM At-Taqwa, 584-591.

Halifah, N. (2015). Pengaruh Media Gambar pada Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pembelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Mataram. Mataram.

Hamzah, H., Amin, F. H., & Nurdiana. (2022). Penggunaan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas IX.1 MTs. Paitana Kab. Jeneponto Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 579-505.

Harahap, P. A., & Fatria, F. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas XI SMK swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. EJI, 2(1), 21-24.

Kartikasari, R. D., & Khotimah, D. H. (2018). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks, 235-240.

Kormasela, D. A., Dawud, & Rofiuddin, AH. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 5(8), 1056-1065.

Kusuma, B. A. I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas VII SMP 2 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Oktavia, N., & Rahmawati, L. E. (2021). Meningkatkan Kompetensi Menulis Teks Prosedur melalui Pemanfaatan Video Youtube pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. PAEDAGOGIE, 16(1), 15-20.

Paramita, D. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia, 1(2), 101-114.

Putri, V. P. Y. (2019). Penggunaan Media Video Akun Instagram 5.Min.Crafts Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Kharisma Bangsa School Of Global Education Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Rodiah. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Dalam Menulis Teks Prosedur Untuk Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya. Indralaya.

Rusmini. (2018). Kemampuan menulis Teks Prosedur SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Sanjaya, Wina. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Simamora, S. A., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Model Cipro (Citizen Prosedur) Berbantuan Video Youtube. Riksa Bahasa, 265-271.

Sofyan, M. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Dalam Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Skripsi. Universitas Sriwijaya. Indralaya.

Sudjana, Nana, & Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulsilawati, E., & Usman. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-6.

Susilana, Rudi dkk. (2015). Media Pembelajaran: Hakikat, pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: