EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU

Winarti Winarti, Sri Listiana Izar

Abstract


Banyaknya jenis-jenis puisi akan dapat membuat mahasiswa sulit mengindentifikasi, apalagi jika materi disampaikan secara konvensional, maka bisa jadi hasil dari pembelajaran tidak akan meninggalkan kesan yang menyenangkan dan nilai yang memuaskan. Padahal puisi adalah bagian dari materi di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang wajib untuk dipahami dan dikuasai agar mahasiswa kelak dapat menyebarkan ilmu sastra pada generasi berikutnya. Selain itu mahasiswa sering terbalik membagi-baginya dan ironisnya, mereka tidak menganggap bahwa pembagian puisi ini penting sehingga tidak benar-benar mempelajarinya, padahal setiap Ujian Nasional (UN) soal mengenai pembagian puisi ini selalu menjadi pilihan untuk dikeluarkan oleh tim penyusun soal Ujian Nasional (UN). Melalui model pembelajaran word square akan muncul sebuah pembelajaran di kelas yang bermanfaat dan dikemas dengan suasana yang menyenangkan karena model pembelajaran ini memiliki sistem kerja yang mirip teka-teki silang. Dengan metode mendatar dan menurunnya dapat membuat mahasiswa belajar sambil bermain, sehingga dapat memengaruhi hasil dari proses pembelajaran mengidentifikasi jenis-jenis puisi. Mahasiswa lebih cepat menangkap materi, lebih cepat mengingat, dan materi jenis-jenis puisi dapat berkesan di benak mereka.

Kata kunci: model pembelajaran word square, jenis-jenis puisi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. 2011. Metode Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Nurjannah, N.S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning terhadap Kemampuan Menata Struktur Teks Pantun oleh Siswa Kelas XI SMK TI PAB 1 Helvetia Tahun Pembelajaran 2014-2015. Medan: FKIP UMSU.

Ruseffendi, E. T. 2005. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru Edisi 5. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umry, S.H dan Winarti. 2011. Sastra Mandiri (Telaah Puisi). Medan: Format Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: