BUKU KUMPULAN PUISI ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MUATAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Lintang Kironoratri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan pada buku Kumpulan Puisi Anak untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah setingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan langkah sebagai berikut (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan yakni (1) data kebutuhan buku Kumpulan Puisi Anak oleh guru Sekolah Dasar kelas tinggi, (2) data hasil validasi prototipe buku Kumpulan Puisi Anak oleh ahli, (3) data hasil uji coba produk buku Kumpulan Puisi Anak. Perencanaan buku Kumpulan Puisi Anak untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah setingkat Sekolah Dasar berisi konsep dan rancangan buku Kumpulan Puisi Anak Merujuk dari data yang diperoleh berdasarkan angket kebutuhan, 90% guru menyatakan memerlukan buku Kumpulan Puisi Anak. Sedangkan hasil validasi ahli, buku Kumpulan Puisi Anak dinilai valid. Pada uji coba produk, yang merupakan tahap akhir dalam penelitian ini, 85% guru menyatakan buku Kumpulan Puisi Anak berhasil memenuhi kebutuhan bahan ajar.

Kata Kunci: puisi anak, sastra anak, bahasa Indonesia


References


A. Teeuw. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Azkiya, Hidayati. (2014). Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator. Indonesia.Volume 2 nomor 1.

Dahliani. (2015). Local Wisdom in Built Environment in Globalization Era. International Journal of Education and Research. _. Volume 3 nomor 6.

Djuanda, Dandan. (2014). Pembelajaran Sastra di SD dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar. Indonesia. Volume 1 nomor 2.

Kamaruddin. (2012). Character Education and Student Sosial Behavior. Journal of Education and Learning, volume 6 nomor 4.

Mungmachon, Miss Roikhwanphut. (2012). Knowledge and Local Wisdom: Community Treasur. International Journal of Humanities and Social Science. Thailand. Volume 2 nomor 13.

Nurgiyantoro, Burhan. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora. Indonesia. Volume 16 nomor 2.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra Anak dan Pembentukan Karakter. Cakrawala Pendidikan. Indonesia. Mei 2010 XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Nurgiyantoro, Burhan. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

OSullivan, Emer and Frankfurt. (2012). Comparing childrens literature. gfl-journal. German. No. 2/2002.

Puspitasari, Dhika dkk. (2016). Pengembangan Buku Ajar Sastra Anak Berbasis Budaya Lokal. Jurnal LPPM. Indonesia. Volume 4 nomor 1.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rozak, Abdul & Mascita, Dede & Astuti, Astuti. (2018). Kajian Puisi Anak dan Bahan Ajar Tematik Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5. 1. 10.33603/deiksis.v5i1.992.

Sarumpaet, Riris K. Toha. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharianto, S. (2005). Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Susanti, Rini Dwi. (2015). Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Elementary. Indonesia. Volume 3 nomor 1.

St. Y. Slamet. (2014). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: di Kelas Rendah dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press. .

Tunks, Karyn etc. (2015). A Survey of Teachers Selection and Use of Childrens Literature in Elementary Classrooms. The Language and Literacy Spectrum. United States. Volume 25.

Uswatun, Hany dan Teguh Supriyanto. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka. Indonesia. Volume 5 nomor 2.

Waluyo, Herman J. (2002). Apresiasi Puisi Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. (2016). Publikasi Ilmiah: Pembuatan Buku, Modul, Diktat, dan Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wellek, Rene dan Austin Warren. (2014). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Wibowo, Agus dan Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.4865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: