IMPLEMENTASI MEDIA KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Welly Meinindartato, Maya Dewi Kurnia

Abstract


Pemanfaatan media pembelajaran bertujuan menstimulasi peserta didik tidak terkecuali mahasiswa. Hal ini memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan adalah media kahoot. Pemanfaatan kahoot biasanya berupa kuiz online, survey, dan diskusi yang dapat dimainkan dengan cara yang berbeda. Media ini akan digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Swadaya Gunung Jati. Mata kuliah bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar karena penguasaan atas bahasa Indonesia dapat dijadikan ukuran nasionalisme seseorang sebagai bangsa Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia memiliki kedududukan penting dalam kurikulum pendidikan tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media kahoot serta untuk mengetahui respons mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media kahoot. Berdasarkan penelitian ini diketahui terjadi peningkatan hasil belajar mahassiwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kahoot. Hal ini dibuktikan dari nilai akhir rata-rata mahasiswa sebesar 67,37 padahal sebelumnya hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 47,89. Sedangkan, respons mahasiswa terhadap pemanfaatan media kahoot dalam pembelajaran bahasa Indonesia memiliki rata-rata sebesar 77 %. Itu artinya respons mahasiswa positif dan antusias.

Kata kunci: media, kahoot, bahasa Indonesia

References


Arifin, Zaenal. (2010). Cermat Bahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Handayana, Jumanta. (2014). Model & Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lime. (2018). Pemanfaatan Media Kahoot Pada Proses Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Stad Ditinjau dari Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajarang 2017/2018, (online), https://repository.usd.ac.id/31078/, diakses 25 November 2018.

Munir, (2013). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muslich, Masnur. (2012). Bahasa Indonesia Pada Era Globalisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Neolaka, Amos. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kencana.

Ningrum, Gres Dyah Kusuma. (2018). Studi Penerapan Media Kuiz Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. (online). VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, diakses 22 November 2018.

Official Website Kahoot!. (2017). https://kahoot.com/what-is-kahoot/. Diakses pada 20 November 2017.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sadiman, (2018). Media Pendidikan. Jakarta: Rjawali Pers.

Sudjana. (2009). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media & Teknologi. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.5136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: