Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021

Sri Ramadhani, Tengku Winona Emelia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) terhadap kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2021- 2021. Populasi pada penelitian ini berjumlah 101 siswa yang tersebar dari 3 kelas. Teknik penentuan kelas dengan cara memilih salah satu kelas dengan teknik simple random sampling. Kemudian terdapatlah sampel di dalam penelitian ini yaitu kelas VIII1 dengan jumlah 36 siswa dan di kelas VIII-2 dengan jumlah 30 siswa, jadi jumlah seluruh sampel adalah 66 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini hendaknya sesuai dengan masalah yang dibahas. Untuk mengetahui hal itu maka peneliti menggunakan metode eksperimen. Instrumen adalah alat yang digunakan untuk menjaring data penelitian. Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam penelitian ini, peneliti mengguanakan alat untuk memperoleh data yang akurat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes esai sebagai alat mengukur kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi. Hasil penelitian yang dihitung yang menggunakan uji hipotesis, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa nilai akhir dengan menggunakan model pembelajaran (Discovery Learning) terhadap kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2021-2021 nilai tertinggi kelas eksperimen adalah 100, nilai terendah kelas eksperimen adalah 36. Nilai tertinggi kelas kontrol adalah 82, nilai terendah kelas kontrol 27, rata-rata nilai postes kelas eksperimen adalah 73,77 dan rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 61,7. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis untuk hasil belajar dengan menggunakan uji-thitung. setelah dilakukan pengujian data hasil belajar ternyata diperoleh hasil pengujian pada taraf ? = 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,390 > 1,669 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Discovery Learning, Kalimat Perintah, dan Teks Eksplanasi

References


Ainuzzaman, D. (2015). Pengembangan Pembelajaran Teks Eksplanasi Berbasis Adobe

Flash ProCSS Pada Siswa Kelas VII Kurikulum 2013. Skripsi Universitas Negeri

Yogyakarta. (diunduh: 05 Maret 2016).

Akhaidah, S. dkk. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga.

Balim, A. G. 2009. The Effect of Discovery Learning on Students Success an Inquiry

Skills. Eurasian Journal of Educational Research/ Issue 35, 1- 21.

Hamiyah, N. dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi

Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30596/bahterasia.v2i1.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: