Pengaruh pembelajaran daring terhadap konsentrasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 054942 Tegal Rejo
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap konssentrasi belajar siswa SDN 054942 Tegal Rejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis linear sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh Pembelajaran daring terhadap Konsentrasi Belajar pada siswa SDN 054942 Tegal Rejo yang dilaksanakan dengan cara memberikan angket kepada 36 orang responden dapat dilihat dengan Uji t nilai 7,311 > 2.032 dengan sig 0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,611 atau 61,1% menunjukkan sekitar 61,1% variabel Konsentrasi Belajar (X) dipengaruhi oleh Pembelajaran daring (Y). Sementara sisanya sebesar 38,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel Pembelajaran daring mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,611 atau 61,1% terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SDN 054942 Tegal Rejo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin., Tawany Rahamma., M. Nadjib. (2015). Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pemeblajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Di Universitas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4).
Al-Qahtani, A. A., & Higgins, S. E. (2013). Effects of traditional, blended and e-learning on students' achievement in higher education. Journal of Computer Assisted Learning, 29(3), 220-234.
Asnawir, dan Basyiruddin Usman. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin , M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Bungin Burhan (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu sosisal lainnya, Jakarta: Kencan
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.
Eko Kuntarto (2017). Kefektifan Model Model Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Endraswara
Engkoswara. (2014). Administrasi Pendidikan,. Bandung: Alfabeta.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11, 86.
Ghufron, M. dan Risnawati, N.R. (2014). Teori - Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadisi, dan Muna, (2015), Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan. Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ), Jurnal Al-Ta?dib, 8, 127132.
Hamalik, Oemar. 2018. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara
Hendri. (2014). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model Dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. Jurnal Media Sistem Informasi, 8, 24.
Istianah, Euis. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan pendekatan Mode Eleciting Activities (MEAs) Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Infinity Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol: 2, No: 1
Kartika Rinakit. (2018). Model Pembelajaran Daring Mata kuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care & Education (JECCE).
Marbun, Juliaster (2012). Motivasi Kehidupan. Jakarta: Guepedia.
Mastur, Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling
Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Mastuti, Rini, dkk. (2020). Teaching From Home: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.
Munir, M (2015). Studi Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Guru dan Siswa SMK di Yogyakarta: UNY
Mustaqim. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar
Mustofa, Muhammat (2019). Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz. Media.
DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i2.10275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
(EJOES) Educational Journal of Elementary School
Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera UtaraKampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License