Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas 5 SD Swasta Budi Mulia Medan

Riski Pratiwi, Amin Basri, Suci Perwita Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua terhadap kreativitas belajar siswa kelas 5 SD Swasta Budi Mulia Medan. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, jadi jumlah populasi dan jumlah sampel sama yaitu 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Adapun hasil penelitian menjukkan bahwa Nilai jawaban variabel pendapatan orang tua sebanyak 1943 dengan rata-rata 53,9722, nilai minimum sebesar 46, nilai maksimum sebesar 60, standar deviasi (simpangan baku sebesar 2,98076. Sedangkan total nilai jawaban variabel pendapatan orang tua sebanyak 1923 dengan rata-rata 53,4167, nilai minimum sebesar 47, nilai maksimum sebesar 57, standar deviasi (simpangan baku) sebesar 2,67662. Berdasarkan hasil penelitian dilihat bahwa nilai thitung sebesar 4,889. Sedangkan untuk ttabel Pada N =36-2 yaitu 2,036. Maka thitung 4,889 > ttabel 2,036. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa ada Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas 5 SD Swasta Budi Mulia Medan

Keywords


Pendapatan Orang Tua; Kreativitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Adji, Wahyu, D. (2014). Ekonomi. Jakarta: PT. Glora Askara Pratama.

Alli Imron, (2017). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Pustaka Jaya.

Anik Pamilu, (2017) Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak, Jakarta: Buku Kita.

Cony, Semiawan dkk. (2015). Pendekatan Ketrampilan Proses, Jakarta: Gramedia.

Djojohadikusumo Sumitro, (2014). Sejarah Pemikiran Ekonomi, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Dyah Ery Trisnawati, (2015) Efektivitas Permainan Lego Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Prasekolah, Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Gardner Howard, (2013). Multiple Intelligencies, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Gerungan, (2017). Psikologi Sosial, Bandung: Refika Aditama.

Gilarso, T., (2015), Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro, Edisi Revisi, Yogyakarta: Kanisius.

Lili M.Sadeli, (2017). Dasar-Dasar Akuntansi, Jakarta: Bumi Aksara.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyanto Sumardi (2016). Sumber Pendapatan, Kebutuhan Pokok dan Perilaku Menyimpang. Jakarta: Raja Wali Citra Press.

Munib, Achmad dkk. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : Unnes Press.

Ridwan. (2016). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Slameto. (2014). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudremi, Yuliana, (2017). Pengetahuan Social Ekonomi. Jakarta:Bumi aksara.

Sukmadinata dan Nana Syaodah, (2013). Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumitro, (2014). Perkembangan Pemikiran Ekonomi: Dasar Teori. Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. PT Pustaka LP3ES. Indonesia.

Suyanto, (2015). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan. Sekolah. Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat.

Utami Mundandar. (2018). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, (2015). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i2.10277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License