Meningkatkan Kemampuan Pada Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Scrip Melalui Supervisi Kepala Sekolah

Tanozisokhi Lombu

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Cooperative Scrip. Subjek penelitian guru-guru yang bertugas di SDN 071054 Biouti jumlah responden 9 orang. Penelitian dilakukan dua siklus dengan instrumen penelitian observasi, evaluasi kemampuan pada akhir siklus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Scrip dapat dipahami guru dan perlu digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat melalui hasil olahan data sebagai berikut, awal kemampuan guru-guru menguasai metode pembelajaran Cooperative Scrip 58,14 dengan tingkat penguasaan keseluruhan 33,33%. Setelah berlangsung Supervisi Kepala Sekolah melalui metodeing (simulator) pada siklus I penguasaan guru menjadi 62,59 (50%) peserta sudah memiliki kemampuan yang berubah, artinya 5 orang telah baik, 4 orang kurang. Kemudian pada siklus II terjadi pengulangan Supervisi dari Kepala Sekolah dengan konteks yang sama pada siklus II tapi diperbaiki kesalahan pada siklus I maka diperoleh nilai perubahan kemampuan guru meningkat 70,74 atau 77,77% peserta sudah mencapai keberhasilan. Sisa peserta yang kurang baik sebanyak 2 orang akan ditangani lebih lanjut oleh Kepala Sekolah


Keywords


Penerapan metode pembelajaran Cooperative Scrip, Kemampuan Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharjono dan Supriadi, 2006. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.

Dahar, WR. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Djamarah. 2002. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Gasong, Dina. 2007. Metode pembelajaran Konstruktivistik Sebagai Alternative Mengatasi Masalah Pembelajaran. http://www.gerejatoraja.com.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning. Mizan media Utama. Jakarta.

R. Rohadi. 1997. Memberdayakan Anak Melalui Pendidikan : Makalah Dalam buku Kumpulan Tulisan, Pendidikan yang Humanislis. Yogyakarta, Kanisius.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i2.11288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License