HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Eti Muliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kolerasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang siswa kelas kelas IV SD Negeri 024868 Binjai Universitas, dan sampel dalam penelitian ini 35 orang kelas IV SD Negeri 024868 Binjai karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan hasil tes pada mata pelajaran IPS. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan skala Liker, yaitu 1-4. Dari hasil penelitian diproleh data kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan antara antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Dimana nilai t dalam hitungan= 281,5 , dan nilai t dalam tabel = 2,03. Dimana nilai t dalam hitungan > nilai t dalam tabel maka antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai memiliki hubungan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License