EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK KOLASE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI

Nancy Angelia Purba

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik kolase dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan sebanyak 160 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen, 20 orang untuk kelas kontrol. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. instrument yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasa. Nilai rata-rata kelas eksperimen 72,25, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,65 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df = (N1 + N2) -2 = 38. Pada tabel t dengan df = 38 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,72 dan taraf signifikansi 1% = 2,03. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 < tt. Dari hasil pengujian menjelaskan bahwa t0 (3,65) < tt (1,70) pada α = 0,05 dan t0 (3,6) > tt (2,46) pada α = 0,01 yang berarti bahwa baik pada α = 0,05 maupun pada α = 0,01 H0  ditolak. ini berarti Ha  diterima jika ttabel < thitung > ttabel (2,03 < 3,65 > 2,72) maka hipotesis alternatif diterima.


DOI:

https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4552


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publihed by: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara


Creative Commons License

Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter