EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK KOLASE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI

Nancy Angelia Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik kolase dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan sebanyak 160 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen, 20 orang untuk kelas kontrol. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. instrument yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasa. Nilai rata-rata kelas eksperimen 72,25, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,65 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df = (N1 + N2) -2 = 38. Pada tabel t dengan df = 38 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,72 dan taraf signifikansi 1% = 2,03. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 < tt. Dari hasil pengujian menjelaskan bahwa t0 (3,65) < tt (1,70) pada ? = 0,05 dan t0 (3,6) > tt (2,46) pada ? = 0,01 yang berarti bahwa baik pada ? = 0,05 maupun pada ? = 0,01 H0 ditolak. ini berarti Ha diterima jika ttabel < thitung > ttabel (2,03 < 3,65 > 2,72) maka hipotesis alternatif diterima.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License