MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BUKU TEKS PELAJARAN IPS MELALUI MODEL BARAGAM KONFIRMASI SISWA

Yusniati Yusniati

Abstract


Adapun permasalahan adalah rendahnya kemampuan siswa memahami isi buku pelajaran IPS, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih terlihat rendah ketika pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang active Learning dan inovatif.  Dilihat dari nilai rata-rata ujian sumatif mata pelajaran IPS hanya mencapai 66,53 dan 56% siswa yang telah mencapai KKM, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM berkisar 44%. Kemudian siswa mengikuti tes kemampuan awal pada semester genap dengan hasil rata-rata kelas 68,4 dan 66 % siswa telah mencapai KKM. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai upaya guru untuk meningkatkan pemahaman isi buku teks pelajaran IPS agar hasil belajar siswa maksimal. Dengan mengacu pada KKM SDN No 104213 Delitua, pembelajaran dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa di dalam kelas telah mencapai ≥80%, dengan nilai KKM 70. Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Setelah dilaksanakan siklus 1 yaitu guru melaksanakan usaha peningkatan memahami isi buku teks pelajaran IPS melalui pembelajaran Model Baragam Konfirmasi diperoleh nilai rerata kelas 74,4 dan 78% siswa telah mencapai KKM.


DOI:

https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4553


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publihed by: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara


Creative Commons License

Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter