MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BUKU TEKS PELAJARAN IPS MELALUI MODEL BARAGAM KONFIRMASI SISWA

Yusniati Yusniati

Abstract


Adapun permasalahan adalah rendahnya kemampuan siswa memahami isi buku pelajaran IPS, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih terlihat rendah ketika pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang active Learning dan inovatif. Dilihat dari nilai rata-rata ujian sumatif mata pelajaran IPS hanya mencapai 66,53 dan 56% siswa yang telah mencapai KKM, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM berkisar 44%. Kemudian siswa mengikuti tes kemampuan awal pada semester genap dengan hasil rata-rata kelas 68,4 dan 66 % siswa telah mencapai KKM. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai upaya guru untuk meningkatkan pemahaman isi buku teks pelajaran IPS agar hasil belajar siswa maksimal. Dengan mengacu pada KKM SDN No 104213 Delitua, pembelajaran dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa di dalam kelas telah mencapai ?80%, dengan nilai KKM 70. Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Setelah dilaksanakan siklus 1 yaitu guru melaksanakan usaha peningkatan memahami isi buku teks pelajaran IPS melalui pembelajaran Model Baragam Konfirmasi diperoleh nilai rerata kelas 74,4 dan 78% siswa telah mencapai KKM.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License