PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Suci Perwita Sari

Abstract


Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA. Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunkan metode Make a Match pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat beberapa hal yaitu Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Make a Match  menunjukkan pada prestes sebelum melaksanakan tindakan, dari 30 orang dinyatakan tuntas sebesar 40 % dengan nilai rata – rata 44. Perolehan hasil belajar pada siklus I dari 30 siswa terdapat 12 siswa dinyatakan tuntas atau sebesar 40 %, sedangkan 18 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 60 %, dengan nilai rata-rata 70,67. Sedangkan perolehan hasil belajar pada siklus II dari 30 siswa terdapat siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 100%, dengan nilai rata-rata sebesar 86,67.


DOI:

https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publihed by: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara


Creative Commons License

Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter