PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI IMPLEMENTASI KERJA KEPENGAWASAN

Riatun Riatun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Teknik Supervisi Individual sebagai implementasi kerja kepengawasan Di SDN 097358 Negri Lawan Kecamatan Dolok Batunanggar. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan Penerapan Pendekatan Realistik. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Guru SD Negeri 097358 Negri Lawan yang berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data digunakan, lembar observasi dan hasil foto. Dari analisis diperoleh, Ada perbedaan Pembelajaran antara kelompok guru yang mengajar pola konvensional dengan pengajaran berbasi kemampuan dan uji kompetensi dan Ada Peningkatan kemampuan mengajar dalam KBM di sekolah masing-masing dari hasil penelitian menujukkan hasil yang cukup signifikan untuk kemajuan pendidikan di SDN 097358 Negri Lawan Pemberian materi pelajaran diusahakan agar kemampuan fleksibilitas diri dikembangkan dalam olah pengajaran. Dan sebaiknya guru juga Kepala Sekolah memperhatikan bahan ajar dan persiapan materi pengajaran sehingga KBM dapat berjalan dengan lancar di sekolah masing-masing

Keywords


Supervisi, Kepengawasan, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Djajadisastra, J. 1976. Pengantar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud. Hartati Sukirman DKK, 1999, Administrasi dan supervisi pendidikan, FIP IKIP Yogyakarta. Mulyasa, Dr. E. M.Pd. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya. Nawawi, H. 1988. Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung. Purwanto, M. N. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sahertian, P. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. Tim Pakar Manajemen Pendidikan UM. 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang. Udik Budi Wibowo, Profesionalisme kepala sekolah, FIP IKIP yogyakarta, 1994




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i3.7219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License