Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Media Chart

Yulianus Mendrofa

Abstract


Mata pelajaran PKn memiliki karateristik tersendiri, dimana materinya tidak dapat dikuasai tanpa pemahaman dan penghayatan. Untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa harus memiliki minat dalam setiap pembelajaran. Selama ini, siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran berlangsung secara konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa pemberian tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan penggunaan Media Chart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Media Chart merupakan media pembelajaran dalam bentuk media chart akan memudahkan penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan penggunaan Media Chart dan mendeskripsikan penerapan penggunaan Media Chart dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sd September 2019 di kelas V-A SDN 076672 Hilizia Lawa-lawa dengan jumlah siswa 20 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKn meningkat dengan penerapan penggunaan Media Chart,pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 80,6 dengan persentase ketuntasan 90% dan rata rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 84% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V-A SDN 076672 Hilizia Lawa-lawa meningkat dengan penerapan penggunaan Media Chart dan Proses pembelajaran PKn di kelas V-A SDN 076672 Hilizia Lawa-lawa terperbaiki dengan penerapan penggunaan Media Chart.


Keywords


Media Chart, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2007, Pedoman Pembelajaran Tuntas, Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembina SMP, Jakarta.

Depdiknas, 2002, Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian, Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Dimyati dan Mudjiono.(1999).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kunandar, 2007, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesional Guru, Rajagrafindo, Jakarta.

Sudjana, Nana (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung :

Remaja Rodaskarya Offset

Sudjana, 2006, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i1.9859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License