Pelatihan Pengelolaan Pembelajaran di Masa Pendemi Covid 19 Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Binjai

Akrim Akrim, Indra Prasetia, Emilda Sulasmi

Abstract


Pembelajaran daring tentunya akan kurang bermakna tanpa sinergitas dalam pengelolaan pembelajaran yang tepat dan tidak semua pembelajaran selama pandemi covid 19 efektif dilakanakan secara sistem daring. Pembelajaran akan efektif jika dilaksana secara blandded learning yakni kombinasi daring dan melalui tatap muka secara klasikal. Pendekatan tatap muka selama pandemi covid19 hakikatnya dapat dilakukan dengan tetap menggunakan prosedur, aturan-aturan protokol kesehatan, serta dilakukan dengan menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang dianggap tepat dan efektif. Oleh karena itu, pengetahuan dan kemampuan tentang pengelolaan pembelajaran dimasa pandemi covid19 perlu diberikan dan dikuatkan bagi sekolah-sekolah dilingkungan satuan pendidikan dasar (SD) kota Binjai. Sebab, pengetahuan dan kemampuan sekolah dan guru dalam mengelola dan berinovasi bagi pembelajaran sangat dibutuhkan di dunia pendidikan saat ini, apa lagi ditengah wabah pandemi covid 19. Pengetahuan dan kemampuan mengelola pembelajaran tersebut menyangkut mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan evaluasi (evaluating) sehingga efektivitas belajar mengajar di masa pandemi covid 19 saat ini dapat tercapai, baik implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Hasil pelatihan memberikan adanya kombinasi pemdapat dari para guru sebagai peserta pelatihan tentang pembelajaran blendded learning, tingkat kecendrungan kepuasan guru terhadap kegiatan pelatihan, terkhusus terhadap pengelolaan pembelajaran luring dan daring.


Keywords


Pelatihan, Pengelolaaan Pembelajaran, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Brown, S. (1994). Pemberdayaan Sebagai Suatu Sistem. CV. Andi. Yogyakarta.

Dary, J.W. (2010). Metode Pembelajaran dan Pengelolaan Pendidikan. Pustaka Pelajar. Jogyakarta.

Gikas, E & Grant, D. (2013). Pembelajaran Multi Media. Seri Pustaka Ilmu. Jakarta.

Griffith, (2007). International Relations Theory for the Twenty-First Century. Routledge.

Hammond, L.D. The Flat World and Education: How Americas Commitment to Equity Will Determine Our Future (New York, NY: Teachers College Press, 2010).

Hewitt, D.D and Zimmerman, M.A. Education and Management Theory, research, and application. American Journal of Community Psychology; Oct 2008; 23, 5; Research Library Core pg. 569

Prasetia, I., Akrim., Sulhati., & Burhanuddin. The Influence of Lesson Study Strategy on Teacherss Pedagogical Quality in All State Madrasah Aliyah of Medan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 4, No 1, February 2021, Page: 762-772

Prasetia, I., Akrim., Nurabdiah, P. Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 3, No 4, November 2020, Page: 2994-3004

Kuntarto, M. (2017). Pembelajaran Era Digital. Alfabeta. Bandung

Nawawi, A. (2006) Manajemen Organisasi. Erlangga. Bandung

Sulusus, Y. (2000). Pemberdayaan Sumber Daya Manusi. Alfabeta. Bandung.

Syafaruddin, dkk, (2000). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing

Zang, E, Askenas, A, Jordan, B, and Conelli, S. Empowerment in Educational Organizational. Journal Of Management Eropian, Vol 2 No12, Jul 2004, Brithania. England.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.10039

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.10039.g9404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882