Inovasi Literasi Guru TK dalam Meningkatkan Media Baca dan Tulis Anak

Nadira Amalia, Rizka Harfiani, Muhammad Arifin

Abstract


Tujuan pada kegiatan ini adalah mitra yang merupakan Pimpinan Cabang Aisyiah Sunggal yakni Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal 32.. Keberhasilan pendidikan anak usia dini adalah terletak pada pendidik atau guru. Pendidik atau guru harus mampu membimbing, membantu dan mengarahkan anak didiknya. Salah satunya adalah mengoptimalkan bahasa anak itu sendiri yakni membaca dan menulis, sehingga kemampuan anak dibidang lainnya dapat ia kuasai menuju pendidikan selanjutnya.Pengembangan Literasi yang dilakukan oleh guru-guru PIAUD adalah membuat, menyusun dan mengembangkan materi, media, strategi serta kegiatan yang ada di bahan ajar yang nantinya akan diterapkan atau diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas sesuai dengan tingkatan anak usia dini. Salah satu alternative ini bertujuan mengembangkan kreativitas guru dalam mengelola isi bahan ajar menulis dan membaca yang sesuai untuk program PIAUD di Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal Sunggal. Penting bagi guru kreatif untuk mampu memngembangkan kemanpuan pedagogiknya yaitu mampu menyusun bahan ajar yang lebih bervariasi. Selain itu, agar pembelajaran lebih inovatif dan efektif. Pastinya pengembangan bahan ajar literasi guru pada bahan ajar membaca dan menulis mampu mendukung sumber daya manusia yang lebih berkompeten, kreatif dan produktif serta memiliki nilai juang yang tinggi dalam mencerdaskan anak bangsa menuju era globalisasi. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah (1) Persiapan Guru-Guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal Sunggal. (2) Pelaksanaan Penyuluhan dan Pendampingan Literasi Guru-Guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal Sunggal untuk mengelola materi, media, strategi, kegiatan dan media yang ada di bahan ajar membaca dan menulis sesuai dengan tingkatan anak usia dini agar lebih kreatif, inovatif dan afektif.(3) Observasi pengembangan literasi guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal, dan (4) Evaluasi Pengembangan Literasi Guru-Guru PIAUD Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal.


Keywords


Pengembangan , literasi guru, bahan ajar, literasi membaca dan menulis

Full Text:

PDF

References


Henny Subandiyah. (2015). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Paramasastra, 2(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1502

Imroatun, I. (2018). Alternatif Media Pengembangan Literasi Baca Tulis Berbahasa Nasional bagi Siswa Raudlatul Athfal. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1(April), 103112. http://conference.staialhikmahtuban.ac.id/index.php/ah-piece

Karli, H. (2010). Membaca dan Menulis untuk Anak Usia Dini melalui Aktivitas dan Permainan yang Menyenangkan. Junal Pendidikan Penabur, 15(1), 8.

Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Elementary, Vol. 2(Pengembangan Bahasa), 3544.

Mirawati, M., Dewi, R. S., Anggarasari, N. H., Kh, E. F., Nugraha, F., Fidianti, A., & Laelasari, L. (2019). PPBK: Peningkatan Kemampuan Guru Paud Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9198. https://doi.org/10.35568/abdimas.v2i1.302

Pentury, H. J. (2018). Pengembangan Literasi Guru PAUD Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis dan Berhitung Di Kecamatan Limo dan Cinere. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 1421. https://doi.org/10.32486/jd.v1i1.167

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Amelia, C., & Pratiwi, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK Al-Munawwaroh Dan TK Dewantara. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 238-243.

Khairiah, N., Nurzannah, & Harisman. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Penanaman Nilai-Nilai Good Governance Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Mavianti, & Harfiani, R. (2019). PKM Pelatihan Kader Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara Menuju Terwujudnya Kader Nasyiah Berkemajuan di Era Milenial. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.10043

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.10043.g9405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882