Pelatihan Kemampuan Berfikir Sebagai Keterampilan Melalui Konsep Knowledge Convergence Pada Komunitas Pengembang Aplikasi Di DiLo Depok

Ahmad Zakki Abdullah, Supratman Supratman, Fatkhuri Fatkhuri

Abstract


Pengembangan apps memerlukan sebuah pendekatan yang partisipatif melalui upaya kolaboratif untuk mencapai tujuannya. Upaya ini adalah menggabungkan beberapa aspek seperti Bisnis, seni dan teknis yang mana sebuah fenomena yang dikenal dengan knowledge convergence. Metode yang digunakan melalui kuliah umum, dan tugas berstruktur dengan. Hasil akhir adalah peserta mampu menjelaskan masalah para proyek mereka melalui konsep Knowledge Managemnet dan kolaborasi melalui berfikir kreatif dan kritis pada proses bergagasan (ideation) hingga muncul inovasi. Melalui pengabdian masyarakat ini para peserta mampu mengaplikasikan kaedah keterampilan berfikir yakni secara kritis dan kreatif untuk menjadwalan proyek, mampu melibatkan evaluator secara kolaboratif, melakukan chunking pada masalah yang rumit dan membangun personal Branding. Hasil Pengabdian masyarakat yang dilakukan di DiLO Depok untuk memenuhi kebutuhan tentang knowledege management pada komunitas pengembang aplikasi (apps) ini mampu memberikan pembekalan terhadap peserta dengan rekomendasi perlunya pengukuran secara berkala terhadap proyek mereka.


Keywords


Berfikir kreatif, Kolaborasi, Knowledge management, Knowledge, Convergence, Start-up

Full Text:

PDF

References


Jeong, H., & Chi, M. T. (2007). Knowledge convergence and collaborative learning. Instructional Science, 35(4), 287-315.

Maulidah, E. (2019, April). CHARACTER BUILDING DAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUTRI 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Pacey, A. (1983). The culture of technology. MIT press.

DuPlessis,M.(2007).The role of knowledge management in innovation. JournalofKnowledgeManagement,11(4),2029.

Kim, H. S. (2015). A study on the convergence entrepreneurship curriculum development. Journal of digital Convergence, 13(5), 79-88.

Lee,H.,&Choi,B.(2003). Knowledge management enablers, processes, and organizational performance: An integrative view and empirical examination. Journal of Management Information Systems, 20 (1),179228.

Miller, G. A. (1956). The magical number seven, plus or minus two: Some limits on our capacity for processing information. Psychological review, 63(2), 81.

Neisser, U. (2014). Cognitive psychology: Classic edition. Psychology Press.

Arhanti, R. Ajeng dan Mosal, R. Lendy. 2012 startup Indosesia. Kompas.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5326

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5326.g4601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882