SOSIALISASI KLUSTERISASI DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN MUARO JAMBI BERDASARKAN METODEANALISIS GEROMBOL NON-HIERARKI DI KANTOR KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Syamsyida Rozi, Cut Multahadah, Fitratul Aini, Gusmanely Z, Corry Sormin

Abstract


Derajat Kesehatan masyarakat yang dilihat berdasarkan nilai Indeks Pembangunan Kesehatan masyarakat (IPKM) merupakan salah satu faktor dalam peningkatan pembangunan manusia di suatu wilayah. Salah satu indikatornya yaitu angka gizi buruk bayi dan balita (stunting), yang saat ini sedang menjadi perhatian di kecamatan Jambi Luar Kota. Perhitungan derajat kesehatan yang dilakukan selama ini berdasarkan rata- rata seluruh indikator atau distribusi data. Selain itu terdapat permasalahan terkait konsistensi data dan kurangnya informasi dalam setiap indikator. Solusi dari permasalahan ini dilakukan melalui data mining. Data Mining dapat digunakan untuk menggali informasi tersembunyi dari kumpulan data yang multidimensi dengan K-means dalam metode cluster analysis non hierarki. Menurut penyuluh pada kecamatan Jambi Luar Kota, pendataan bayi dan balita selama ini berdasarkan data dari posyandu dan dikelompokkan berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Tapi belum secara jauh mampu mengkluster tingkat stunting di desa-desa di kawasan kecamatan Jambi Luar Kota, sehingga pengklasteran angka stunting perlu dilakukan. Dengan melakukan pengklasteran metode K-Means diharapkan mempermudah para penyuluh untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi stunting pada bayi dan balita di kecamatan Jambi Luar Kota dan hasil pengklusteran dapat dijadikan dasar dari penentuan kebijakan untuk mengatasi masalah stunting pada bayi dan balita.

Keywords


Sosialisasi; Derajat Kesehatan; Analisis kluster non hierarki; K-means

Full Text:

PDF

References


Balitbangkes Kemenkes RI. (2014). Indeks Pembangunan Kesehatan Manusia (IPKM) 2013. In Kemenkes RI.

Davies, and P. B. (2004). Database Systems Third Edition.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. (2013). Profil Kesehatan Provinsi Jambi 2012.

Malik, R. A., Defit, S., & Yuhandri, Y. (2018). Comparison of K-Means Clustering Algorithm with Fuzzy C-Means In Measuring Satisfaction Level Of Television Dawah Surau TV. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.387

Nielza Atthina, D. (2014). Klasterisasi Data Kesehatan Penduduk untuk Menentukan Rentang Derajat Kesehatan Daerah dengan Metode K-Means. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Infromasi (SNATI), 1(Klustering), B-52-B-59.

Ramalisa, Y., Febriyanti, A., & Multahadah, C. (2019). Analysis of Non Hierarchical Bomb for Collection of Community Health Degrees in Jambi and Muaro Jambi City. Eksakta, 20(1), 2534.

Simbolon, C. L., Kusumastuti, N., & Irawan, B. (2013). Clustering lulusan mahasiswa matematika fmipa untan pontianak menggunakan algoritma fuzzy c - means. Buletin Ilmiah Mat. Stat. Dan Terapannya (Bimaster).

Zefriyenni, I., & Santoso, M. B. (2015). Sistem Informasi Penjualan dan Pengendalian Persediaan Barang menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) menggunakan Bahasa Pemrograman Java dan Database MySLQL pada Toko Kansa Elpiji. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6626

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6626.g5479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882