MANAJEMEN AGRIBISNIS KOPI GAYO DI TAKENGON

Marahadi Siregar, Irawan Irawan

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah untuk membantu petani dan pelaku usaha kopi Gayo di Takengon untuk merumuskan strategi pengembangan agribisnis kopi Arabica.Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian,dapat di uraikan strategi utama dalam pengembangan agribisnis kopi Arabica gayo adalah dengan meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas,perbaikan hasil pertanian dan produk olahan lainnya.Alternatifnya kebijakan yang dapat ditetapkan berdasarkan ketentuan di atas adalah rehabilitasi perkebunan kopi dalam rangka peningkatan produksi dengan melaukan pola pemangkasan,penanaman kembali yang tidak produktif pohon kopi,penanaman pohon kopi baru di sela sela tanaman kopi lama,dan pemeliharaan mutu dengan menerapkan anjuran teknik budidaya dan pasca produksi.

Keywords


Manajemen, Agribisnis dan Kopi Gayo

Full Text:

PDF

References


Admaizon, 2004. Agribisnis Kopi Arabika Kabupaten Solok dengan Pendekatan Kimbun. Solok : Warta Rimbun edisi 2/2004

Darwanto, 2013, Peningkatan daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right terhadap Inovasi dan Kreativitas), Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Volume 20, Nomor 2, Sepetember, pp. 142 149.

Fatah, A. V. A., 2013, Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing. UNIKOM Bandung. Retrieved from http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/634/jbptunikompp-gdl-ahmadviana-31655-10- unikom_a-l.pdf

Gibbons, Patrick T, et al. , 2003, Adaptability And Performance Effects Of Business Level Strategies: An Empirical Test, Irish Marketing Review, Vol. 16 page 57.

Genova, 2002, Mengenal Lebih Dekat Kewirausahaan, Jurnal Ekonomi Perusahaan, STIE IIBI, Jakarta.

Wulandari, Tri V., 2003, Analisis Kinerja Pemasaran dan Pengaruhnya terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus di Divisi Pengelolaan Bisnis Katu Bank BNI), Tesis, Program Studi Manajemen, PPS Universitas Diponegoro, Semarang.

Zhou, K. Z., Brown, J. R., & Dev, C. S., 2009, Market Orientation, Competitive Advantage, and Performance: A Demand-Based Perspective. Journal Of Business Research, 62(11), 10631070. Retrieved from http://hdl.handle.net/10722/90572%0AThis




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6702

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6702.g5352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882