PKPM PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE DAN KEAKTIFAN ANGGOTA MUHAMMADIYAH BERBASIS WEB

Hasanuddin Hasanuddin, Rahmat Mushlihuddin, al-khowarizmi alkhowarizmi

Abstract


Muhammadiyah adalah salah satu organisasi terbesar di Indonesia (YLSA, 2013). Namun hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Muhammadiyah adalah akurasi data jumlah anggota Muhammadiyah yang aktif dan jumlah simpatisannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pengusul akan melakukan pelatihan tentang penerapan Sistem lnformasi Manjemen Database dan Keaktifan Anggota Muhammadiyah Berbasis Web. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti akan membuat suatu program aplikasi ADAPMu, dan mensosialisasikan dan melakukan pelatihan, adapun materi pelatihannya adalah: 1) Kurangnya pemahaman PRM tentang Sistem lnformasi Manjemen Database; 2) Kurangnya pemahaman PRM tentang penggunaan pendataan berbasis website. Lokasi pelaksanaan pengabdian dilaksanakaan di Kota Medan tepat nya di Cabang Muhammadiyah Medan Johor, yang beralamat Jl. Brig. Jend. Zein Hamid Gg. Sado No. 55 Kel. Titi Kuning Kee. Medan Johor. Diharapkannya dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Persyarikatan Muhammadiyah.


Keywords


Database, Sistem Manajemen Berbasis Web, ADAPMu

Full Text:

PDF

References


Muslihudin., Muhamad, Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem InformasiMenggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Surat Keputusan Kemenkominfo No.3 Tahun 2016

YLSA. 2013. Muhammadiyah Organisasi Terbesar Kedua di Indonesia Diperoleh 27 Juni 2015, dari http://www.sabda.org/publikasi/40hari/cetak/?tahun=2003&edisi=7




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6809

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i1.6809.g5463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882