Penyuluhan Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi

Sigit Widiyarto, Deden Ibnu Aqil, Lusiana Wulansari, Toto Widiarto, Nur Rizkiyah

Abstract


Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pembelajaran jarak jauh padamusim pandemik Korona. Situasi pandemic yang masih menerpa Indonesia, membuat pola kebijakan sekolah berubah. Tiap siswa diharuskan belajar dirumah. Pemberian penyuluhan ini dianggap penting, karena para siswa masih belum dapat beradaptasi cara belajar melalui daring. Pembelajaran daring yang mengutamakan kemampuan belajar jarak jauh perlu bimbingan dan perhatian khusus. Pembelajaran yang efektif akan memberikan hasil yang maskimal, meski tidak dilakukan secara tatap muka. Penyuhan ini diikuti oleh 43 siswa kelas VIII Mts Nurul Hikmah Kota Bekasi. Kegiatan dilakukan pada awal Maret sampai dengan Juni 2012 secara daring dan tatap muka yang disertai protocol kesehatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah, metode daring dan tatap muka dengan protocol kesehatan ketat serta Penyadaran akan pentingnya belajar walaupun di tengah pandemic serta penyuluhan mengatur waktu, kelas dan pembelajaran ketika pandemic berlangsung Pengambilan data dengan kuesioner dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa hasil rata-rata kemapuan PJJ sebesar 74.6, siswa sudah memahami pembelajaran jarak jauh. Namun masih ada beberapa siswa yang belum optimal belajar melalui PJJ. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala, seperti belum siapknya sarana dan prasaran pembelajaran PJJ dan eran orangtua yang masih minim.


Keywords


Manajemen ,Penyuluhan,Pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258-264.

Irfanudin, A. M., & Jamil, I. (2020). Penyuluhan Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Dengan Pemanfaatan Google Class Room (Gcr) Untuk Siswa/I Sekolah Selama Periode Belajar Dari Rumah (Bdr) Di Tk Islam Al-Kamal. Dedikasi Pkm, 2(1), 50-55.

Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 110.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33.

Wibowo, A. N., Supandi, A., Andri, A., & Widiyarto, S. (2020). Pemanfaatan Pembelajaran ICT Dalam Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Guru SMP. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 228-230.

Ferbriyana. M, Dewi. J. A, Dian. N. (2020). Pelatihan Penyusunan Individualized Education Program (IEP) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Sahabat Al Quran Binjai. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 179-186. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/5331

Nurzannah, Harfiani. R. (2019). PKM Pengembangan Kurikulum 2013 PAUD Bagi Guru-Guru LPPTKA-BKPRMI Kota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/3297

Panggabean. S, Nasution. E, Hanif .I. B. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 238-247. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/5338




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.6883

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.6883.g9507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882