Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah

Imelda Darmayanti Manurung, Selamat Husni Hasibuan, Yusriati Yusriati

Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pembuatan Video Pembelajaran bagi guru-guru madrasah bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru-guru MIS Al-Amin Beringin dan MIS Hikmatul Salridho Batangkuis dalam membuat media pembelajaran berupa video yang dapat digunakan untuk memaksimalkan proses mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik dalam masa pandemi covid 19 ini dan juga setelah masa pandemi berakhir sebagai salah satu cara untuk menyelenggarakan proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan yang meliputi (1) ceramah dan diskusi, (2) demonstrasi, (3) praktik langsung, (4) pendampingan, serta (5) evaluasi. Dalam kegiatan pelatihan ini, guru-guru tidak hanya diajarkan langkah-langkah dan cara pembuatan video pembelajaran tetapi juga akan diajarkan bagaimana cara menentukan topik video berdasarkan tujuan pembelajaran, mempersiapkan materi, membuat bahan presentasi yang baik dan menarik, mempersiapkan skenario dan script pembelajaran, serta membuat channel YouTube sekolah sebagai wadah untuk mengunggah video pembelajaran yang telah dihasilkan. Adapun manfaat yang diperoleh dengan pelatihan ini adalah guru-guru dapat membuat video pembelajaran yang baik sesuai dengan tujuan dan capaian pembelajaran agar tercapai standar ketuntasan pembelajaran sehingga pada akhirnya sekolah dapat mengkombinasikan sistem pembelajaran luring dan daring, penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dapat tetap diselenggarakan dalam situasi dan keadaan apapun.


Keywords


Training; Learning Video; Teacher; Madrasa, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17-23.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84.

Manurung, I. D. (2020, August). Enhancing Students Ability in Listening to Lectures Through TQLR (Tune in, Question, Listen, Review) Strategy Assisted by Youtube Videos. In Eighth International Conference on Languages and Arts (ICLA-2019) (pp. 140-145). Atlantis Press.

Manurung, I. D., & Hasibuan, S. H. (2019). Pelatihan Menggunakan Media Pembelajaran Bahasa Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin. Journal of Science and Social Development, 2(1), 33-42.

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2020). Media learning of dongle during covid-19 pandemic. PROCEEDING UMSURABAYA

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Amelia, C., & Pratiwi, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK Al-Munawwaroh Dan TK Dewantara. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 238-243.

Ginting, N. (2021). PROBLEM BASED LEARNING IMPLEMENTATION IN PAI LEARNING. Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 620-625). Medan: Fakultas Agama Islam UMSU.

Ginting, N., & Hasanuddin. (2020). IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU ULUL ILMI ISLAMIC SCHOOL KOTA MEDAN. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293-304.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.7931

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.7931.g9399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882