Pemberdayaan Digital Enterpreneurship Upaya Go Public Memperluas Jaringan Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Masyarakat di Kampung Nelayan


Abstract


Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan digital entrepreneurship dan memproduktifkan mitra dalam menghasilkan produk. Program digital entrepreneurship sebagai solusi untuk salah satu permasalahan mitra. Dengan adanya program digital entrepreneurship mitra dapat memasarkan produk yang mereka hasilkan ke masyarakat luas. Selain dapat memperluas pemasaran produk, program ini dapat meningkatkan pengetahuan mitra mengenai literasi digital. Program digital entrepreneurship dapat mewadahi sekaligus mengajarkan kepada mitra untuk melakukan pemasaran secara online ke masyarakat luas dengan memberikan pemahaman dan wadah pemasaran berupa website www.kaminelayan.com dalam memasarkan hasil kerajinan tangan secara go public. Metode pelaksanaan yang dilakukan dengan mengamati secara langsung permasalahan yang terjadi di Kampung Nelayan. Lalu melakukan pendampingan dan pengevaluasian bersama mitra. Dengan melakukan metode pelaksanaan tersebut dapat membantu mitra dalam pemasaran produk. Sehingga berhasil meningkatkan pemahaman mitra mengenai literasi digital khususnya website pemasaran. Selain itu dengan adanya program digital entrepreneurship, mitra dapat memasarkan produk yang dihasilkan ke masyarakat luas dan meningkatkan perekonomian mereka.


Keywords


Pemberdayaan, Digital Enterpreneurship, Kampung Nelayan

Full Text:

PDF

References


Alqamari, M., Kabeakan, N. T. M. B., Manik, J. R., & Cemda, A. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Dari Limbah Baglog Untuk Di Kelurahan Medan Denai Kecamatan Medan Denai. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 7381

Bates, T., 1997. The Impact of Technological Change on Open and Distance Learning. Distance Education.

Fitriasari, N. S., Rosalia, A. A., Anzani, L., Lestari, D. A., Widiyanto, K., Arifin, W. A. 2020. Website E-Commerce sebagai Media Promosi Penjualan Pengolahan Hasil Laut Kelompok Istri-Istri Nelayan di Karangantu. Jurnal Pengabdian Masyarakat , 5(4): 927-934.

Diwanti, D. P., Suryanto, Iswati, S., Agustina, T. S., Notobroto, H. B. (2020). Peningkatan Kompetensi Wirausaha Muda Melalui Program Kegiatan Kewirausahaan Pada Badan Usaha Amal Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Kendal. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 173-186

Kader, M. A., & Setianingsih, W. (2018). Penerapan Digital Marketing Melalui Fans Page untuk Mentarget Pasar Sasaran Pada Usaha Mikro. Ekonomi Jurnal Ilmu Manajemen , 5(1): 265-272.

Syahri, F. I., Alpi, M. F., Rahma, A., & Hanum, A. (2020). Pengembangan Desa Nelayan Melalui Ekonomi Digital Dan Pemanfaatan Olahan Ikan Sebagai Citra Warga Desa Bubun. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 270277.

Vanithamani, M R. 2019. Impact of personal traits and professional competencies on entrepreneurial competencies of women Entrepreneurs, Iran.

Winardi, J. 2015. Entrepreneur dan Entrepreneurship, Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8124

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8124.g9514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882