Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan

Ismail Saleh Nasution, Eko Febri Syahputra Siregar

Abstract


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen mengamanatkan kegiatan pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagaimana dimaksud pasal 8 UU tersebut meliputi,kompetensi pedagogik,kompetensi kepribadian,kompetensi sosial,dan kompetensi profesional perlu ditingkatkan secara berkelanjutan.Hal ini,karena pendekatan TPACK memadukan aspek pengetahuan,cara membelajarkan,penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang dengan TIK.Target khusus yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan PKPM ini menghasilkan guru-guru profesional dan terampil dalam mengelola pembelajaran aktif sehingga pembelajaran yang diberikan lebih menarik dan bermakna bagi siswa.


Keywords


TPACK, Kompetensi, Guru

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera (SATUNUSA).

Hamid, Moh. Sholeh. (2011). Metode Edutainment: Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Lobo, Fridarlin Magda Noni Wuri. (2016). Pemanfaatan Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus: Sma Negeri 1 Tengaran). Diunduh pada 20 Juli 2018 http://repository.uksw.edu/ handle/123456789/10683

Koehler, M. J., Mishra, P., Ackaoglu, M.,&Rosenberg, J. M. (2013). The Techonological Pedagogical Content Knowledge Framework For Teachers And Teacher Educators. Commonwealth Educational Media Centre For Asia Teacher. No. 9702. Jan 14,1997

Palandi, Jozua, dkk. (2017). Pengembangan Aplikasi Web E-Learning Untuk Pendidikan Anti Korupsi Menggunakan Moodle. JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, VOL. 2, NO. 2 , NOVEMBER 2017, hal 173-181.

Yuhdi, A dan Amalia, N. (2018). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. JURNAL Basastra Pendidikan Bahasa dan Sastra Unimed. Vol 7 (1) 2018 hal 14-22.

Wahid, A, dkk. (2015). Pelatihan dan Penerapan E-Learning dan M-Learning Berbasis Moodle Bagi Guru Siswa Smk Persada dan Bajiminasa Makassar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 2, April 2015, hlm. 102-107.

Ferbriyana, M, dkk. (2020). Pelatihan Penyusunan Individualized Education Program (IEP) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Sahabat Al Quran Binjai. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 179-186. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/5331

Nurzannah, Rizka, H. (2019). PKM Pengembangan Kurikulum 2013 PAUD Bagi Guru-Guru LPPTKA-BKPRMI Kota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/3297

Panggabean, S, dkk. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. Ihsan Jurnal Pengabdian

Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 238-247.




DOI: https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8136

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8136.g9516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Online ISSN:2685-9882