Pemanfaatan Media Kompas Kiblat RHI Dalam Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Ranting Muhammadiyah Barus Mudik Tapanuli Tengah

Robie Fanreza, Munawir Pasaribu, Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar

Abstract


Tujuan dilaksanakannya Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) ini adalah selain untuk melaksanakan salah satu unsur dari tri dharma perguruan tinggi, maka program ini dilakukan untuk menjawab permintaan masyarakat terutama warga persarikatan muhammadiyah, khususnya masyarakat Muhammadiyah Barus Mudik Tapanuli Tengah untuk melakukan pelatihan pengakurasian arah kiblat dan penggunaan media yang dapat dimanfaatkan untuk pengakurasian arah kiblat tersebut. Target khusus yang ingin dicapai dari kegiatan program ini adalah: 1) Masyarakat khususnya masyarakat Muhammadiyah Barus Mudik Tapanuli Tengah dapat mengetahui teknik pengakurasian arah kiblat secara tepat, sehingga dalam mengerjakan salat masyarakat khususnya Muhammadiyah Barus Mudik Tapanuli Tengah dapat menghadap kearah kiblat dengan tepat; 2) Masyarakat Muhammadiyah Barus Mudik Tapanuli Tengah dapat memiliki keahlian dalam memanfaatkan Kompas RHI sebagai media yang dapat dipergunakan sebagai pengakurasian arah kiblat; 3) Masyarakat dapat memiliki pengetahuan tentang Kompas secara umum sebagai suatu media yang dapat di manfaatkan dalam pengakurasian arah kiblat. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan penyuluhan, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktik langsung. Kemudian metode pendekatan lain yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif (partisipatory approach). Tahap pelaksanaan program ini dimulai dari persiapan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam penentuan akurasi arah kiblat, dan juga sebagai bahan pengembangan literasi tentang arah kiblat kepada masyarakat.


Keywords


Pemanfaatan, Kompas RHI, Akurasi Kiblat

Full Text:

PDF

References


Butar-Butar, A. J. (2013). Kakbah dan Problematika Arah Kiblat. Yogyakarta: Museum Astronomi.

Ginting, N., & Hasanuddin. (2021). PENALARAN DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora) (pp. 271-275). Medan: Pancabudi.

Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Marshad: JurnalAstronomi Islam danIlmu-IlmuBerkaitan, 207-222.

Qulub, S. T. (2017). Ilmu Falak Dari Sejarah ke Teori dan Aplikasi. (Depok: Rajawali Pers.

Siti Tatmainul Qulub. (2017). Ilmu Falak Dari Sejarah ke Teori dan Aplikasi. Depok: Rajawali .

Syahfriani, E., Hasibuan, M. U., & Fanreza, R. (2020). Moral Forming And Character Of Participants In The Al-Qur’an Perspective. Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (pp. 128-140). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yusri, M., Fanreza, R., & Siregar, Z. (2021). Pembinaan Masjid Muhammadiyah Ramah Disabilitas Di Medan Johor. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 213-218.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fihsan.v4i1.9802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

Online ISSN: 2685-9882