Evaluation of the Operational Assistance Management (Bop) Management Funding Program at the Bengkulu City Paud Institution

Emilda Sulasmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pengelolaan dana bantuan operasional penyelenggaraan di lembaga pendidikan anak usia dini di kota Bengkulu. Metode penelitian yang dipakai adalah evaluasi kebijakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP model yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Evaluasi model ini terdiri dari empat komponen yaitu: Context, Input, Process Dan Product. Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah PAUD di Kota Bengkulu, guru- guru serta pihak yang terkait Kepala Kantor Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi tentang kebijakan dana BOP. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat kaitan antara kebijakan penyaluran dana BOP, perencanaan pelaksanaan penyaluran dana BOP, prosedur penyaluran dana BOP serta Hasil Pelaksanaan Penyaluran dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan di lembaga PAUD Kota Bengkulu adanya bukti pencapaian tujuan bantuan BOP yaitu dilihat dari peningkatan kualitas pendidikan disegala bidang dengan bukti prestasi baik dari lembaga,guru dan murid.

Kata Kunci: Program Evaluasi, CIPP Model

Full Text:

PDF

References


Heru Winarsi, Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan (Bop) Pada Kelompok Bermain Ceria Kota Semarang, Serat Acitya Jurnal Ilmiah Untag Semarang Issn : 2302-2752, Vol. 8 No. 1, 2019

Putri Sianturi, Dkk, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Operasional Penyelengaraan (Bop) Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Menerapkan Metode Electre (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun), Komik (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer) , Volume I, Nomor 1, Oktober 2017

Amin Nasir, Dinamika Pengembangan Sistem Pendidikan (Kerangka Dasar Potensi Anak Usia Dini), Jurnal Ath-Tufula, Stain Kudus, Volume 2 Nomor 2 Tahun 2014

Warul Walidin, Dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory, Banda Aceh: Ftk Arraniry Aceh, 2015

Noeng Muhajir, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Tp, 1996

Madaus, G.F., Scriven, M.S., & Stufflebeam, D.L., Evaluation Models, Viewpoints On Educational And Human Services Education, Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing, 1993

Bogdan, Robert C. And Taylors K.B. Qualitative Researtch For Education An Introduction To Theory And Metdods. Boston: Ally And Bacon Inc, 1992

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Hasan Baharun, Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, Vol. 5 No. 2, Juli 2016

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini, Tahun 2017

Ratih Permata Sari, Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, Jurnal Tinta, Vol. 1 No. 1, Maret 2019

Baiq Rohiyatun, Pengelolaan Biaya Pendidikan yang Efektif pada Pelaksanaan Program Kegiatan PAUD Rinjani Sebagai Lembaga Trifungsi Pendidikan (TPA, KB dan TK), Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 4. No. 1, 2018

Agussani, M., Chanra, A., AP, M., Rudianto, S., Si, M., Adhani, A., ... & Saleh, A. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TAHUN 2016: Indonesia Menuju SDGs.

Qorib, M. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Akrim, A. (2019). [Peer Review] Melacak Makna Terorisme Pada Kurikulum Pesantren Salaf (Studi Analisis Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab Islam Klasik Di Pesantren Al-Hijrah Kabupaten Langkat). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.




DOI: https://doi.org/10.30596/ijems.v1i1.3911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Education and Mathematics Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ijems@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.