The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018

Marah Doly Nasution, Epi Tamala Sari

Abstract


Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran cycle learning terhadap motivasi belajar matematika pada siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan yang berjumlah 66 orang yaitu 33 orang siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner yaitu motivasi awal (observasi awal) dan motivasi akhir (observasi akhir). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga thitung (4.352) setelah dibandingkan dengan ttabel (1.9977), ternyata thitung (4.352) > ttabel (1.9977) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh antara model pembelajaran Cycle Learning terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan T.P 2017/2018 .

Kata Kunci: Motivasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Cycle Learning


Keywords


Mathematics;Education;Learning Model

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fauziatul, Fajaroh & I Wayan Dasna. (2013). Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle)

Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Iis Nurfitria Lestari, 2015. Pengaruh Metode Permainan Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SD N Plebengan.

Ina Siti Sholihah, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 7E terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP T.P 2011/2012.

Melli Fitriani, 2017. Jurnal Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi Pada Siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo.

Ofis Limosin Damanik 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP PAB 9 Klambir Lima T.P 2016/2017.

Pradnyana, P.B., 2013. Jurnal Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD.




DOI: https://doi.org/10.30596/ijems.v1i1.3913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Education and Mathematics Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ijems@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.