Pelabelan Graceful, Skolem Graceful Dan Pelabelan Rho Topi Pada Graf Ilalang

Zulfi Amri

Abstract


Suatu graf G = (V,E) adalah pasangan himpunan terurut dimana V adalah himpunan simpul tak kosong dan E adalah himpunan busur. Pelabelan graceful adalah fungsi injektif dari himpunan simpul V ke himpunan bilangan yang menginduksi fungsi bijektif dari himpunan busur E ke himpunan bilangan dimana setiap busur uv E dengan simpul u,v V berlaku (uv) = , berseta dengan variasi dan modifikasi pelabelan graceful yaitu pelabelan skolem graceful dan pelabelan . Graf Ilalang adalah suatu graf yang dibangun dari buah graf bintang kemudian diberikan sebuah simpul c disebut dengan simpul pusat, dan diberikan busur yang menghubungkan setiap simpul pusat dengan sebuah simpul c tersebut. Selanjutnya graf tersebut diberikan konstruksi pelabelan graceful, skolem graceful dan pelabelan pada graf ilalang.

Keywords


Mathematics;Grap

Full Text:

PDF

References


Amri Z., Ahmad M., Huda N., Supriadi., Sugeng K.A., (2011) Pelabelan Graceful, Skolem Graceful dan Pelabelan ? ? Pada Graf (S_n,3). Prosiding Seminar Nasional UNY, Yogjakarta, hal. M 131- M 136.

Amri Z., Sugeng K.A., (2011) Pelabelan Graceful, Skolem Graceful dan Pelabelan ? ? Pada Graf Kelabang. Jurnal Eureka. Pendidikan Matematika, FKIP-UMSU, Medan, hal. 109-115.

Galian, J. A. (2010). Dynamic survey of graph Lebeling. Electronic Journal of kombinatorics,17#ds6

Sevenhot, KikiA. Sugeng, Denny R. Silaban (2010). Pelabelan Skolem Graceful dan Pelabelan ? ? Pada Gabungan Dua Graf. Prosiding Seminar Nasional UNPAR, Bandung, hal MS 183- MS 191.




DOI: https://doi.org/10.30596/ijems.v1i1.4354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Education and Mathematics Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ijems@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.