Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Dupont System


Abstract


Analisis kinerja keuangan sebuah perusahaan sangat penting untuk dilakukan, baik dengan perbandingan laporan keuangan industri sejenis maupun perbedaan periode satu tahun ke tahun berikutnya. PT. Astra Internasional Tbk. adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan banyak melakukan perkembangan dalam dunia bisnis. Tujuan penelitian ini sesuai dengan pertanyaan penelitian yang ada, yaitu untuk menganalisis dan mengetahui penyebab penurunan kinerja keuangan pada PT. Astra Internasional Tbk. dengan membandingkan standar rata-rata industri menggunakan metode analisis DuPont System untuk periode 2009-2013. DuPont System adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis laporan keuangan dengan menggabungkan empat rasio yaitu Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TATO), Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah studi dokumentasi dan empirik, dengan teknik analisa data yaitu analisis DuPont System (analisis laporan keuangan) dan analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, diketahui bahwa PT. Astra Internasional Tbk. Tiap tahunnya mengalami peningkatan pendapatan, laba, aset dan ekuitas. Namun jika dilihat dari keempat rasio gabungan DuPont System, perusahaan ini mempunyai kinerja keuangan yang cenderung menurun, terutama mulai tahun 2011 hingga 2013 jika dibandingkan dengan rata-rata industri yang telah ditetapkan.


Keywords


Analisa Laporan Keuangan, Kinerja Keuangan, DuPont System, Rata-Rata Industri

Full Text:

PDF

References


Agnes Sawir (2001), Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Edisi Pertama, Yogyakarta ; PT. Gramedia Pustaka Utama.

Evida Anugrahani (2007), Analisis DuPont System Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada PT. Aqua Golden Missisipi Tbk, PT. Mayora Indah Tbk, PT. Ultra Jaya Milk Tbk.) Malang : Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang.

Mulyadi (2001), Akuntansi Manajemen. Cetakan Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Munawir (2004), Analisa Laporan Keuangan, Edisi Empat, Jakarta : Liberty.

Harahap, Sofyan Safri (2013), Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta : Rajawali Pers.

Ikatan Akuntan Indonesia (2012), Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Kasmir (2010), Analisa Laporan Keuangan, Jakarta : PT. Rajawali Pers.

Syafrida Hani (2014), Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan : In Media.

Syamsudin (2001), Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Aplikasi, Jakarta : P2P LIPI.

Welas (2005), Analisis Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan Sistem Du Pont (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Sudah Go Publik Periode 2000- 2004) Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Budiluhur.




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3806

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3806.g3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU