Pengaruh Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas Perusahaan

SAYYIDATUN NISA

Abstract


PT. Pos Indonesia (Persero) Medan 20000 merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak dibidang layanan pos dan giro. Sama halnya seperti perusahaan lain yang berskala besar atau kecil akan mempunyai perhatian besar di bidang keuangan, agar perusahaan dapat bertahan atau bahkan bisa tumbuh dan berkembang harus mencermati kondisi perusahaan yang sebenarnya. Perusahaan yang mempunyai profitabilitas yang baik, maka kelangsungan hidup perusahaan akan terjamin. Begitu pula perputaran kas yang tinggi dapat menilai tingkat pencapaian kesuksesan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas (Operating profit margin/OPM) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Medan 20000.Operating profit margin (OPM) merupakan salah satu rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur kemampuan tingkat keuntungan bersih yang diperoleh tiap rupiah penjualan maupun pendapatan. Rasio ini bermanfaat untuk mengukur keseluruhan efektivitas operasional perusahaan. Semakin tinggi laba operasional yang dihasilkan dari pendapatan maka semakin baik pula bagi perusahaan.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif data, uji normalitas, uji korelasi spearman dan kendal. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji kendal dan spearman menunjukkan bahwa secara persial perputaran kas terdapat korelasi negatif dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Operating Profit Margin (OPM).


Keywords


Perputaran Kas, Profitabilitas, Profit Margin , Rasio keuangan

Full Text:

PDF

References


Agnes Sawir (2005), Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, cetakan kelima, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Aliya Shahfitri (2015), Analisis Pengaruh Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Perum Perumnas Regional I Medan, Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Arfan Ikhsan Dkk (2015), Teori Akuntansi, Bandung: Ciptapustaka Media.

Bambang Riyanto (2009), Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Feryal Agizha (2014), Pengaruh Periode Perputaran Kas, Periode , Periode Perputaran Persediaan dan Periode Perputaran Hutang Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia), Jurnal ekonomi, Vol. 2 No. 2.

Harahap, Sofyan Syafri (2013), Analisis Kritis atas Laporan Keuangan, Cetakan ke-11, Jakarta: Rajawali Pers.

Hery (2013), Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan, Yogyakarta: CAPS (Center for academic publishing service)

Hery (2012), Akuntansi Keuangan Menengah, Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Irfan Dkk (2013), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung : Aulia Grafika.

Indri Intan Pratiwi (2015), Pengaruh Perputaran Kas dan terhadap Profitabilitas (ROA) pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

I Wayan Suteja Putera dan I Gde Ary Wirajaya (2013), Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Piutang Dan Jumlah Nasabah Kredit Pada Profitabilitas LPD di Kecamatan UBUD, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Vol. 3 No. 1.

Jerry J Weygandt, Dkk (2010), Pengantar Akuntansi, Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir (2012), Analisa Laporan Keuangan, Jakarta : Rajawali Pers.

L. Rizkiyanti Putri dan Lucy Sri Musmini (2012) dalam judul penelitiannya Pengaruh PerputaranKasTerhadap ProfitabilitasPada PT. Tirta Mumbul Jaya AbadiSingaraja Periode 2008-2012,Jurnal Akuntansi Profesi, Vol. 3 No 2

Manurung, Elvy Maria (2011), Akuntansi Dasar (untuk pemula), Jakarta: Erlangga.

Munawir (2014), Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Nina Sufina dan Ni Ketut Purnawati (2013), Pengaruh Perputaran Kas Dan Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food And Beverages Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Vol. 2 No. 4.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo (2009), Metodologi Penelitian Bisnis untuk akuntansi dan manajemen, edisi satu, Yogyakarta: Penerbit BPFE Yogyakarta

Purwanti Ari Dkk (2013), Akuntansi Manajemen, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rangkuti, Freddy (2010), Analisis SWOT Balanced Scorecard- teknik menyusun strategi korporate yang efektif plus cara mengelola kinerja dan resiko, Jakarta: Penerbit Kompas Gramedia.

Rudianto (2012), Pengantar Akuntansi, Jakarta: Erlangga.

Singgih Santoso (2012), Panduan Lengkap SPSS Versi 20, cetakan kedua, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sjahrial Dermawan, Djahotman (2013), Analisa Laporan Keuangan Cara Mudah & Praktis Memahami Laporan Keuangan, Edisi Kedua, Jakarta: Mitra Wacana.

Sugiono (2012), Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke-16, Bandung: Alfabeta.

Subowo (2013), Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Kas, , Perputaran Persediaan Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Laba Usaha (studi kasus pada perusahaan food and beverage yang listingdi BEI tahun 2009 2013), Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Syafrida Hani (2014), Teknik Analisa Laporan Keuangan, Medan: IN MEDIA.

Walter T. Harrison Jr Dkk (2012), Akuntansi Keuangan, Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3827

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3827.g3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU