Pengaruh Pertimbangan Moral Auditor Terhadap Kualitas Audit Dengan Pengalaman Auditor Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Akuntan Publik Di DKI Jakarta Selatan Dan Kabupaten Tangerang

Jailani Jailani, Makmuri Ahdi, Rilla Gantino

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta Selatan dan Kabupaten Tangerang, Penelitian ini dimotivasi dengan masih banyaknya kasus yang terjadi pada auditor KAP mengenai pertimbangan moral auditor yang berujung kepada pelanggaran etika profesi terhadap kualitas audit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertimbangan moral berpengaruh kurang signifikan tehadap pengalaman auditor, sedangkan pengalaman auditor berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas audit.

Keywords


Pertimbangan Moral, Pengalaman Auditor, Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Boynton, Johnson, dan Kell. (2002). Modern Auditing yang dialihbahasakan oleh Paul A. Rajoe, Gina Gania, Ichsan Setiyo Budi dan Yati Sumiharti. Edisi Ketujuh, Jilid Pertama. Jakarta: Erlangga.

DeAngelo, Linda Elizabeth (1981), Auditor Size and Audit Quality. University of Pennsylvania, USA

Hery, (2015). Auditing 1 Dasar-dasar Pemeriksaan Akuntans. Jakarta : Prenadamedia

Hery, (2007). Auditing dan asurans pemeriksaan akuntansi berbasis standar audit internasional . Jakarta : kompas gramedia.

Yadiati, Winwin. (2017) Kualitas Pelaporan Keuangan. Jakarta : Kencana




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3828

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3828.g3407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU