Volume Usaha Serta Dampaknya Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kabupaten Simalungun

Khairul Azwar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal sendiri dan modal luar terhadap volume usaha baik secara parsial maupun simultan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal sendiri, modal luar, dan volume usaha terhadap SHU baik secara parsial maupun simultan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal sendiri dan modal luar secara parsial terhadap SHU dengan volume usaha sebagai variabel intervenig. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan teknik analisis jalur. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh KPRI Kabupaten Simalungun dengan periode penelitian tahun 2012-2015. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampling jenuh atau sensus yang berjumlah 36 koperasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa modal sendiri dan modal luar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume usaha. Modal sendiri dan modal luar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap volume usaha. Modal sendiri secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU. Modal luar secara parsial berpengaruh negatif terhadap SHU Akan tetapi, volume usaha berpengaruh signifikan secara parsial terhadap SHU. Modal sendiri, modal luar, dan volume usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap SHU. Volume usaha merupakan variabel intervening antara variabel modal sendiri terhadap SHU. Volume usaha bukan merupakan variabel intervening antara variabel modal luar terhadap SHU.


Keywords


Modal Sendiri, Modal Luar, Volume Usaha, SHU

Full Text:

PDF

References


Achma. H. Setiawan (2004). Peningkatan Partisipasi Anggota dalam Rangkam Menunjang Pengembangan Usaha Koperasi. Jurnal Dinamika Pembangunan, Vol.1. No. 1, Juli 2004.

Atmadji. 2007. Faktor-faktor yang Menentukan Besarnya Sisa Hasil Usaha Koperasi dari Aspek Keuangan dan Non-keuangan. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 7. No.2, 2007.

Bambang Riyanto (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Yogyakarta : Edisi Empat, Graha Ilmu.

Hendar dan Kusnadi (2002). Ekonomi Koperasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Imam Ghozali (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Ninik Widiyanti (2003). Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pachta, W Andjar, dkk. (2005). Manajemen Koperasi Teori dan Praktek.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Partomo, S.T dan Abdul Rahman (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah & Koperasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Putu Indira Widiartin, I Wayan Suwendra, Fridayana Yudiaatmaja (2016). Pengaruh Modal Pinjaman dan Volume Usaha Terhadap Sisa Hasil Usaha pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan daerah Kabupaten Buleleng. Jurnal Bisma, Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4, 2016.

Putu Trisna Ganitri, I Wayan Suwendra, Ni Nyoman Yulianthini (2014). Pengaruh Modal Sendiri, Modal Pinjaman, dan Volume Usaha Terhadap Selisih Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Klungkung. Jurnal Bisma, Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, 2014.

Revrisond Baswir (2000). Koperasi Indonesia. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta.

.......... (2010). Koperasi Indonesia. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta.

Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba (2001). Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.........(2010). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.........(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi dan Purwanto S. K (2009). Statistik Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Grasindo.

Suliyanto (2011). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarsono (2003). Manajemen Koperasi. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Sutrisno (2007). Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Ekonesia.

Titi Wahyuning (2013). Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Sisa Hasil Usaha (SHU) Di Kpri Bina Karya Balongpanggang-Gresik. Jurnal Ekonomi Bisnis, Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya, Vol. 1 No. 1, April 2013.




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3830

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v1i1.3830.g3408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU