ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN INCOME STATEMENT APPROACH DAN VALUEADDED APPROACH (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Medan)

Ova Novi Irama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan pendekatan laba rugi dan nilai tambah berdasarkan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan terdiri dari rasio perbandingan antara total laba bersih dengan total aktiva produktif, NPM, dan BOPO. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Medan.Populasi dari penelitian ini adalah laporan keuangan PT. BMI Cabang Medan, sedangkan sampel yang digunakan adalah laporan keuangan tahun 2009-2011 untuk masing-masing pendekatan yaitu Income Statement Approach danValue Added Approach. Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian ini adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rasio keuangan ( perbandingan laba bersih dengan aktiva produktif, dan NPM) terdapat perbedaan yang signifikan antara Income Statement Approach dan Value Added Approach, sedangkan pada rasio BOPO antara Income Statement Approach dan Value Added Approach tidak terdapat perbedaan. Akan tetapi bila dilihat secara keseluruhan tingkat profitabilitas menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara Income Statement Approach dan Value Added Approach.


Keywords


Kinerja Keuangan, Perbankan Syariah, Syariah Enterprise Theory (SET), Laporan Nilai Tambah

Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafii. 2001. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Ascarya.2005. Mencari Solusi Rendahnya Pembiayaan Bagi Hasil di Perbankan Syariah Di Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPPS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan S. 2006. Menuju Perumusan Teori Akuntansi Islam. Jakarta: Pustaka Quantum.

Harahap, Sofyan S. 2007. Krisis Akuntansi Kapitalis dan Peluang Akuntansi Syariah. Jakarta: Pustaka Quantum.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo.2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Laksmana, Yusak. 2009. Tanya Jawab: Cara Mudah Mendapatkan Pembiayaan Di Bank Syariah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Muhammad dan Dwi Suwikno. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah. Yogyakarta: TrustMedia.

Mulawarman, Aji Dedi. 2007. Menggagas Laporan Keuangan Syariah Berbasis Trilogi Maisyah-Rizq-Maal.

Nasrullah.2004. Akuntansi Yang Islami (Syariah) Sebagai Model Alternatif Dalam Pelaporan Keuangan.Jurnal Bank Indonesia.

Nurhayati, Sri dan Wasilah. 2008. Akuntansi Syariah Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Patrawijaya, Ryan. 2009. Perhitungan Bagi Hasil dan Perlakuan Akuntansi.http://ryanpatrawijaya24.blogspot.com/2009/01/perkitungan-bagi-hasil dan perlakuan_22.html

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Sulaiman, Maliah. 2001. Testing a Model of Islamic Corporate Financial Report: Some Experimental Evidence. IIUM Journal of Economics and Management 9,no. 2 (2001): 115-39

Triyuwono, Iwan. 2007. Mengangkat Sing Liyan untuk Formulasi Nilai Tambah Syariah. Simposium Nasional Akuntansi X.

Winiharto, Teguh Eko. 2004. Memahami Bagi Hasil Simpanan Di Bank Syariah. http://ibfi-trisakti.blogspot.com/2009/05/memahami-bagi-hasil simpanan-dibank.




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v2i1.4352

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v2i1.4352.g3864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU