PENGARUH PENGENDALIAN INTERN, ETIKA AUDITOR, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PT. INALUM

Ridho Gilang Adiko, Widia Astuty, Hafsah Hafsah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengendalian Intern, Etika Auditor, Dan Good Corporate Governance Terhadap Pencegahan Fraud PT. Inalum. Fraud dalam sebuah perusahaan dapat terjadi apabila tidak ada tindakan pencegahan didalamnya. Sama halnya dengan PT.Inalum yang tidak memberikan laporan keuangannya kepada pemerintah yang merupakan bentuk pertanggungjawaban mereka sebagai perusahaan BUMN. Hal ini dapat menimbulkan tindakan fraud apabila pemerintah tidak mengetahui apa saja transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal yang berjumlah 32 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dnegan menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik dan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh tingkat perbandingan 5% serta menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara parsial, dan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara simultan. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini, diketahui bahwa pengendalian intern tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud, etika auditor berpengaruh terhadap pencegahan fraud, dan good corporate governance tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud. Namun secara simultan pengendalian intern, etika auditor, dan good corporate governance berpengaruh terhadap pencegahan fraud di PT. Inalum. Besarnya koefisien determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,216, yang menunjukkan bahwa pengaruh dari pengendalian intern, etika auditor, dan good corporate governance terhadap pencegahan fraud di PT. Inalum adalah sebesar 21,6%, dan sisanya 78,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel yang diteliti oleh peneliti.

Keywords


Pengendalian Intern, Etika Auditor, Good Corporate Governance, Pencegahan Fraud

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sani Supriyanto, dan Masyhuri Machfudz. 2010. Metodologi Riset. Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UIN Maliki Press

Amin Wijaya Tunggal.2010 .Dasar-Dasar Audit Intern PedomanUntuk Auditor Baru. Jakarta :Harvarindo

Arens, Alvin A., Randal J.Elder, Dan Mark S Beasley .2008 .Auditing Dan Jasa Assurance. Jakarta :Erlangga

Arief Subyantoro dan Suwarto. 2007. Metodik dan Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta: Andi.

. 2007. Metode dan Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta : ANDI

Suharsimi Arikunto.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta

Azwar. S.1986.Reliabilitas dan Validitas. Interpretasi dan Komputasi.Yogyakarta : Liberty

Boynton, Williamc, Raymond N. Jhonson, Walter G. Kell . 2002. Modern Auditing. Jakarta :Erlangga

Fitriatil Husna. 2013. Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Internal Kas dan. Impelementasi Good Corporate Governance terhadap Kecurangan. Uuniversitas Negeri Padang

Festi, Theresa, Andreas, dan Riska N. 2014. Pengaruh Peran Audit Internal. Terhadap Pencegahan Kecurangan. JOM FEKON. Vol 1.(No.2)

Gusnardi. 2009. Pengaruh Peran Komite Audit, Pengendalian Internal, Audit. Internal, dan pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Pencegahan Kecurangan. Universitas Riau.

Hiro Tugiman .2004 .Standar Profesi Audit Internal .Jakarta :Yayasan Pendidikan Internal Audit

Imam Ghozali .2009 .Aplikasi - Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP

Karo, Rio Sempana Karo. 2015. Pengaruh Audit Intern dan Pengendalian Intern. Terhadap Pencegahan Kecurangan Pada Pemerintah Kabupaten Bandung. Skripsi. Universitas Komputer Indonesia.

Karyono. 2013. Forensic Fraud. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Maryani, T. dan U. Ludigdo. 2001. Survey atasFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Perilaku Etis Akuntan. TEMA.Volume II.Nomor 1.Maret. p. 49-62.

Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/04/M.PAN/2008 tanggal 31 Maret 2008

Rafael, Sarinah Joyce Margaret. 2013.Pengaruh Pengalaman, Etika, Dan Skeptisisme. Profesional Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Fraud (Studi. Pada Inspektorat Provinsi NTT, Kota Kupang, dan Kabupaten Kupang).Tesis. Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Rizke Wiliyantie., Ria Nelly Sari., dan Edvan Darlis. (2013). Pengaruh Tata Kelola Pemerintahan, Efektivitas Pengendalian Internal, dan Peran Auditor Internal Terhadap Tingkat Kecurangan (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kuantan Singingi ) Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau

Sawyer, P .2006 .Sawyers Internal Audit. Audit Internal Sawyer .Jakarta :SalembaEmpat

SK Menteri BUMN Nomor : Kep. 117/M-MBU/2002 tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance

Soekrisno Agoes . 2013 . Etika Bisnis Dan Profesi. Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Jakarta :Salemba Empat

Suharsimi Arikunto.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v2i1.4436

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v2i1.4436.g3988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU