ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET BIOLOGIS BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO. 69 TENTANG AGRIKULTUR PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III MEDAN

Rahmat Hussein Batubara

Abstract


Aset biologis merupakan tanaman dan hewan yang mengalami transformasi biologis. Transformasi biologis terdiri dari proses pertumbuhan, degenerasi, produksi dan prokreasi yang menyebabkan perubahan secara kualitatif dan kuantitatif dalam kehidupan hewan dan tumbuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis perlakuan akuntansi aset biologis pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 69. Adapun identifikasi masalah penelitian ini adalah PT. Perkebunan Nusantara III masih menggunakan Harga Perolehan sebagai dasar pengukurannya dan PT. Perkebunan Nusantara III belum mengungkapkan keuntungan atau kerugian gabungan yang timbul selama periode berjalan aset biologis dan produk agrikulturnya. Pendekatan yang dilakukan dalam karya ilmiah ini adalah menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dimana metode ini digunakan untuk melihat dan menggambarkan keadaan perusahaan secara sistematis, dan kemudian menganalisisnya sehingga dapat memberikan saran saran untuk masa yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara III Medan yang berlokasi di Sei Batang Hari No.2 Medan Sumatera Utara. Untuk waktu penelitian dimulai dari bulan Desember 2018 sampai bulan Agustus 2019. Berdasarkan Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Laporan Keuangan PT. Perkebunan Nusantara III Medan belum sesuai dengan PSAK 69 terkait Pengukuran dan Pengungkapan Aset Biologisnya, dimana perusahaan masih mengukur Aset Biologisnya mengggunakan Harga Perolehan sehingga PT. Perkebunan Nusantara III belum mengungkapkan keuntungan atau kerugian pada saat pengakuan awal aset biologisnya.


Keywords


Perlakuan Akuntansi, Aset Biologis, PSAK 69,Akuntansi Aset

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Hasil Survei Pertanian Antar Sensus (SUTAS) (T. Sutas, Ed.). Retrieved January 26, 2019, from https://www.bps.go.id

Cicih Nurhaeti, Havid Sulano, Y. E. R. (2013). Perlakuan Akuntansi Aset Biologis PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Kaligua. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi (JEBA) Universitas Jenderal Soedirman, 15(2), 132.

Farida, I. (2013). Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Biologis Berdasarkan International Accounting Standard 41 Pada PT. Perkebunan Nusantara VII (persero). Jurnal Akuntansi Unesa, 2(1), 123.

Hafsah, & Diana, M. (2013). Analisis Pelaporan Keuangan Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah. Jurnal Pembangunan Dan Perkotaan, 123.

Hafsah, Lubis, H. Z., & Khairani, F. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah 1 (S.Rahayu, Ed.). Medan: Perdana Publishing.

Harahap, R. U., Sanjaya, S., Fahmi, M., & Sebayang, M. M. B. (2017). Nilai Wajar Satwa. Proceeding Simposium Ilmiah Akuntansi I, 120. Medan.

IAS Plus. (2018). International Financial Reporting Standart. Retrieved from http://www.iasplus.com

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jakarta: Salemba Empat.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, T. D. W. (2015). Intermediate Accounting (Emil Salim, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Lubis, A. I., Noch, M. Y., Lesmana, S., & Ritonga, P. (2017). Teori Akuntansi (2nd ed.). Medan: Penerbit Madenatera.

Pratiwi, W. (2017). Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Biologis Berbasis Psak-69 Agrikultur Pada Pt.Perkebunan Nusantara XII Kalisanen Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis (SNAPER-EBIS 2017), 140150. Jember.

Putri, S. R. (2014). Analisis Perbandingan Pelaporan dan Pengungkapan Aset Biologis Sebelum dan Setelah Penerapan IAS (International Accounting Standard) 41 pada PT. Astra Agro Lestari, TBK. Jurnal Akuntansi Unesa, 2(2), 121.

Rahouda, A. (2018). Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Biologis Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30596/jakk.v2i2.4762

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jakk.v2i2.4762.g4200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is abstracting & indexing in the following databases: 

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 JAKK CITATION :


MAGISTER AKUNTANSI UMSU