Analisis Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Sri Rahayu, Juliana Nasution

Abstract


Pajak merupakan alat bagi pemerintah dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan penerimaan baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung dari masyarakat guna membiayai pengeluaran rutin serta pembangunan nasional dan ekonomi masyarakat. Sistem perpajakan selalu mengalami perubahan dari masa kemasa sesuai perkembangan masyarakat dan Negara, baik dalam bidang kenegaraaan maupun dalam bidang sosial dan ekonomi. Salah satu pajak yang mempengaruhi pendapatan daerah adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pajak bumi bangunan adalah pajak atas bumi atau bangunan yang dimiliki, dikuasai, dan atau dimanfaatkan oleh orang pribadi atau badan, kecuali kawasan yang digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan, dan pertambangan. Sesuai dengan peraturan undang undang No. 28 tahun 2009 jenis pajak baru yang dipungut oleh daerah adalah pajak bumi bangunan. Berkaitan dengan penerimaan pajak bumi dan bangunan, sebagaimana yang terjadi di lapangan, masih banyak terlihat kekurangan-kekurangan yang ada didalamnya terutama masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan yang menjadi kewajibannya.

Kata Kunci: Pajak, Pajak Bumi, Pajak Bumi dan Bangunan 

Full Text:

pdf

References


Adrian, I. 2008. Pengaruh Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pendapatan Daerah (studi kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama. Bandung.

Adelina, Rima. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terhadap Pendapatan Daerah di Kabupaten Gresik. Universitas Negri Surabaya

Agoes, sukrisno. (2013). Akuntansi Perpajakan Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Astutik, T, P., M. Makmur, dan Suwondo. (2014). Efektivitas Pemungutan PajakBumi dan Bangunan untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Asli Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik. 2(1): 47-52.

Bastari M, Januri, dkk. (2015). Perpajakan; Teori dan Kasus. Cetakan Pertama. Medan: Perdana Publishing

Esti Widari, Berliana dan Sutjipto Ngumar. (2016). Analisis Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Pendapatan Pemerintahan Kota Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 10, Oktober 2016

Donovan, Deny. (2015). Strategi pemungutan PBB sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah di kota Mojokerto. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 4 No. 11 (2015)

Fitri, K. 2011. Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan 2(4): 15-28.

Handayani, W, T., Sigit S, dan Sohidin. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Realisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan padaKecamatan Jebres Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi 2(3):224-237.

Mardiasmo. (2013). Perpajakan. Edisi revisi. Andi Mulyono. Yogyakarta.

Meliala, O. (2010). Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Semesta Media. Jakarta.

Nur Riza Utiarahman1, Een N. Walewangko, Hanly F. Dj. Siwu. (2016). Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Perkotaan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Tomohon. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi Volume 16 No. 02 Tahun 2016

Raudhatun Wardani, dan Wida Fadhlia. (2017). Analisis efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan dan kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah di kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) Vol. 2, No. 3, 2017 Halaman 10-17

Sumarsan, Thomas. (2009). Perpajakan Indonesia, Edisi terjemahan. Jakarta Erlangga

Samudra, Azhari Aziz. (2015). Perpajakan Indonesia, Keuangan, Pajak Dan Retribusi Daerah. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 & Peraturan Menteri Keuangan RI Tahun 2013 Tentang Perpajakan., “

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2009 Pajak Derah dan Retribusi Daerah. Lembaran Negara Republik Nomor 5049. Jakarta.

Waluyo. (2009). Akuntansi Pajak. Salemba Empat. Jakarta

Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia. Salemba Empat . Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjakk.v5i1.9789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UMSU KAMPUS PASCA SARJANA

Program Study Magister Akuntansi

Jl. Denai No. 217, Medan, Sumatera Utara
Telp : 061-88811104
Website : http://pascasarjana.umsu.ac.id

JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN KONTEMPORER is abstracting & indexing in the following databases: 

 

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.