Meningkatkan Modal Sosial Yang Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Kelompok Tani Kopi Di Desa Blang Sentang, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah

eriawan kenali, Sohibul Ansor Siregar

Abstract


Penelitian ini berfokus pada Meningkatkan Modal Sosial Yang Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Kelompok Tani Kopi Di Desa Blang Sentang Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana model-model adaptasi yang dilakukan oleh kelompok tani di desa ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknis analisis data primer seperti observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan teknis analisis data meliputi reduksi data, sajian data, hingga penarikan kesimpulan. Kesimpulan bahwasannya Meningkatkan Modal Sosial Yang Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Kelompok Tani Kopi Di Desa Blang Sentang Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah layak dan berhasil dilakukan. Karena Kelompok tani kopi dan masyarakat telah merasakan manfaat adanya modal sosial kesejahteraan masyarakat meningkat. Saran yang direkomendasi peneliti sebagai bahan evaluasi guna Meningkatkan Modal Sosial Yang Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Kelompok Tani Kopi Di Desa Blang Sentang Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah adalah pemerintahan desa lebih meningkatkan lagi keterlibatan dalam kegiatan sosial secara inisiatif membuat pertemuan-pertemuan, bersilaturahmi, pengajian bersama, dan penyuluhan terkait pertanian. Agar terciptanya perubahan untuk pengembangan produktivitas pada kelompok tani kopi di desa ini.

References


Juniarsih, Nuning, Solikatun. (2018). Modal Sosial Sebagai Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Analisis Sosiologi.

Wijaya, Mahendra, Setiaji, P, I. (2021). Model Sosial. Jurnal Off Development And Social Change Vol. 4. No. 1

Fadli, Rijal, M. (2020). Peran Modal Sosial Dalam Pendidikan Sekolah. Jurnal Pendidikan. Vol. 8. No. 2

Naufal, Arif, Muhammad. (2021). Peran Modal Sosial Komunitas Urban Farming Dalam Pengembangan Tanaman Hortikultura Studi Kasus : Lorong Garden, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea. Kota Makassar. Makassar. Skripsi : Universitas Hasanuddin Makassar.

Firnanda, Rizky. (2018). Upaya Kelompok Tani Dalam Pemberdayaan Petani Nanas Di Desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Lampung. Skripsi : Universitas Islam Negeri Raden intan.

Lestari, Dwi. (2015)., Peran Subak Abian Dalam Rangka Peningkatan Kopi Arabika Kintamani Bali Tahun 2002-2008. Jember: Skripsi Universitas Jember.

Setiawati, Rina. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Wanita Tani (Kwt)Seruni) Berbasis Sumber Daya Lokal Disusun Gamelang Sendangtirto Berbah Sleman. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/japk.v1i2.11420

Jurnal Ilmu Adminstrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)

Editor's Address:

C Building

Departement of Public Administration Science 

Faculty of Social Science and Political Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

email : japk@umsu.ac.id 

Flag Counter