PERTIMBANGAN PEMBENTUKAN NAGARI DEFINITIF SUNGAI CUBADAK KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT

muhammad naufal rajif

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Nagari Persiapan Sungai Cubadak Kecamatan Baso Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, Penulis melakukan penelitian untuk mengetahui apasaja yang menjadi pertimbangan dalam pembentukan Nagari Defenitif Sungai Cubadak Kecamatan Baso Kabupaten Agam berdasarkan indikator penelitian prakarsa masyarakat nagari, asal usul, adat istiadat, kondisi sosial budaya masyarakat nagari dan kemampuan dan potensi nagari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dasar penelitian study deskriptif dimana objek atau masalah yang diteliti kemudian dianalisis secara menyeluruh sebagai satu kesatuan yang terintegritas dengan tujuan akan memperoleh informasi dari sejumlah informan. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan data sekunder sebagai acuan dalam mengambil data. Mengenai pendefenitifan Nagari Sungai Cubadak Tinggal menunggu keputusan dari Kabupaten karena syarat dalam pembentukan nagari defenitif telah dipenuhi.


References


Rahayu, Ani Sri. 2018. Pengantar Pemerintahan Daerah: Kajian Teori, Hukum, dan Aplikasinya. Jakarta: Sinar Grafika.

Almasri dan Muammar Alkadafi. 2018. Administrasi Pemerintahan Daerah di IndonesiaI. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Widjaja, Haw. 2014. Otonomi Desa Merupakan Otonomi Yang Asli, Bulat, dan utuh. Depok: Raja Grafindo.

Julius, H. Dt. Malako Nan Putiah. 2007. Mambangkik Batang Tarandam Dalam Upaya Mewariskan dan Melestarikan Adat Minangkabau Menghadapi Modernisasi Kehidupan Bangsa. Jakarta: CV. Arena Seni.

Santoso, Lukman. 2015. Hukum Pemerintahan Daerah: mengurai problematika pemekaran daerah pasca reformasi di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tenrini, Rita Helbra. 2013. Pemekaran Daerah: kebutuhan atau euforia demokrasi? (Mengapa Harus Mekar), dalam http: // www.kemenkeu.go.id, diakse 23 Oktober 2018.

Ibrahim Dt. Sanggoeno Dirajo. 2012. Tambo Alam Minang Kabau: tatanan adat warisan nenek moyang orang minang. Bukittinggi: Kristal Multimedia.

Zulkarnain. 2015. Pendidikan Budaya Alam Minang Kabau Untuk SMP/MTs. Kelas VII. Padang: Jasa Surya.

Piliang, Edison dan Nasrun Dt. Marajo Sungut. 2018. Tambo Minangkabau: budaya dan hukum adat di Minangkabau. Bukittinggi: Kristal Multi Media.

Supardan, Dadang. 2013. Pngantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Penekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.

Widagdho, Djoko. 1994. Ilmu Budaya dasar. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.30596/japk.v2i2.12200

Jurnal Ilmu Adminstrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)

Editor's Address:

C Building

Departement of Public Administration Science 

Faculty of Social Science and Political Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

email : japk@umsu.ac.id 

Flag Counter