Analisis Pemasaran Jeruk Siam Madu (Citrus Nobilis) (Studi Kasus: Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo)

Reyza Suwanto Sitorus

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model saluran pemasaran jeruk, menentukan biaya pemasaran Jeruk, menganalisis margin pemasaran jeruk siam madu, dan menganalisis efektivitas penjualan jeruk siam madu di Desa Bukit Kecamatan Dolat Rakyat Kabupaten Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Studi Kasus, yang meliputi metode analisis data menggunakan share margin, efisiensi pemasaran, dan Margin Pemasaran. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 saluran pemasaran jeruk siam madu. Saluran pemasaran I petani - konsumen akhir, dengan share margin 100% dan saluran pemasaran II petani - pedagang - konsumen akhir, margin keuntungan pemasaran Rp. 3.500 ekor/kg dengan margin keuntungan 73,07% dan efisiensi pemasaran 6,6%. Saluran pemasaran ketiga adalah Petani - Pedagang, pengumpul - Pedagang, pengecer. - Konsumen Akhir dengan Margin Pemasaran Rp. 2.000/kg dan margin prmasaran dipengencer, seharga Rp. 3000/kg dengan Share Margin 61,53% dan efisiensi pemasaran 10,2%.


Keywords


Analisis Pemasaran, Jeruk siam madu, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat Jakarta.

Radiosum. 2001. Manajemen Pemasaran edisi

BPFE. Yogyakarta

Kurniawati ,2007. Analisis Pemasaran Jeruk Manis . Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Medan

Suharyanto. dkk. 2005. Analisis Pemasaran dan Tataniaga Anggur di Bali. Jurnal Sosio-Economic

Susianti Br Sinukaban ,2012. Analisis Profil Peternak terhadap Pendapatan dan Efisiensi Pemasaran Usaha Sapi Potong. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Skripsi Medan.

Swastha, B dan Irawan. 2001 .Manajemen Pemasaran : Analisa PerilakuKonsumen. BPFE. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjasc.v5i2.10147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JASc (Journal of Agribusiness Sciences)  is abstracting & indexing in the following databases: 

   
 
 
Creative Commons License
JASc (Journal of Agribusiness Sciences) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats JASc