Analisis Rantai Pasok Umkm Sapu Lidi di Kabupaten Deli Serdang

Faiz Ahmad Sibuea, Mhd. Buhari Sibuea, Azwana Azwana, Sitirahmah Sibuea

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja rantai pasok usaha mikro kecil dan menengah pada usaha sapu lidi di daerah penelitian menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP. Sampel dalam penelitian ini adalah pemasok bahan baku dan pengusaha sapu lidi yang terdiri dari 5 orang pemasok dan 30 orang pengusha sapu lidi. Lokasi penelitian terletak di Kabupaten Deli Serdang yang berjarak 22 km dari Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum, rantai pasok usaha mikro kecil dan menengah pada usaha sapu lidi di daerah penelitian ini adalah pemasok - pengusaha sapu lidi - pedagang pemasar konsumen. Kinerja rantai pasok di daerah penelitian sudah cukup konsisten dengan nilai rasio konsistensi sebesar 0,083 dengan adanya kerjasama yang baik dari kemitraan seperti pemasok bahan baku yang saat ini masih dapat memenuhi permintaan dari para pengusaha, kemudian konsistensi yang diperoleh dari metode ini juga berhubungan dengan tenaga kerja yang cukup terampil membantu mengembangkan usaha dan dapat menunjang perkembangan pemasaran produk.

Kata Kunci : Rantai Pasok, Sapu Lidi, Pengusaha, AHP


Keywords


Rantai Pasok, Sapu Lidi, Pengusaha, AHP

Full Text:

PDF

References


Bolstorff P, Rosenbaum R. 2003. Rantai pasok Excellence A Handbook for Dramatic Improvement using the SCOR model. Amerika (US): AMACOM a Division of American Management Association

Husna, Lailatul, Bambang Hermanto, Dian Habibi dan Farida Yani. 2022. Analisis Komparasi Pendapatan Pengerajin Sapu Ijuk Dengan Sapu Lidi Deli Serdang. Jurnal Agro Nusantara. Vol 2. No.1. Madura.

Larasdiputra, Gde Deny dan Ni Ketut Edi Suwatari. 2018. Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Berbasis Economic Entity Concept. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 11 No 3. Bali.

Husna, Lailatul, Bambang Hermanto, Dian Habibi dan Farida Yani. 2022. Analisis Komparasi Pendapatan Pengerajin Sapu Ijuk Dengan Sapu Lidi Deli Serdang. Jurnal Agro Nusantara. Vol 2. No.1. Madura

Munthafa, A. E., dan H. Mubarok. 2017. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi. Vol. 3 (2) : 192-201.

Nainggolan, Hotden Leonardo, Chandra Kristiyani Gulo, Wendi Syahda Setia Waruwu, Theresya Egentina, Tohom Pradinata Manalu. 2021. Strategi Pengelolaan Usahatani Kelapa Sawit Rakyat Masa Pandemi Covid-19 Deli Serdan. Agricultural Journal AgroBali. Vol 4: 260-275.

Sibuea, F. A., R. Nurmalina., dan A. Rifin. 2020. Analisis Kinerja Rantai Pasok PT SUJ. Jurnal Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara). Vol. 13 (1) : 45-54. Medan.

Sitorus, Reyza Suwanto. 2022. Analisis Pemasaran Jeruk Siam Madu Kabupaten Karo. Jurnal JASc UMSU. Vol 5 No 2. Medan.

Van der Vorst J, Beulens A, Paul Van Beek. 2006. Innovation in logistics and ICT in food rantai pasok networks. Netherlands (NL): Wageningen University.




DOI: https://doi.org/10.30596/jasc.v6i1.11574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASc (Journal of Agribusiness Sciences)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jasc@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats